FITNESS & HEALTH

6 Cara Ini Bisa Meredam Overthinking yang Kamu Alami

Raka Lestari
Kamis 13 Januari 2022 / 16:40
Jakarta: Memiliki perasaan khawatir dan overthinking merupakan hal yang normal dialami oleh seseorang. Akan tetapi, jika dibiarkan, hal itu dapat berdampak buruk pada kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Memikirkan sesuatu hal secara berlebihan bisa meningkatkan risiko terhadap kondisi kesehatan mental tertentu. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah yang bisa dilakukan jika kamu mengalami overthinking:
 

1. Jangan terburu-buru merespons sesuatu


Caramu memberikan respons terhadap suatu pikiran terkadang bisa membuatmu menjadi overthinking. Untuk itu, setiap kali kamu memikirkan sesuatu secara berlebihan perhatikan apa yang sebenarnya kamu rasakan. Apakah kamu merasa kesal, gugup, atau bersalah? Apa emosi utama di balik pikiran tersebut? Memiliki kesadaran diri adalah kunci untuk mengubah pola pikir.
 

2. Menemukan distraksi


Hentikan overthinking dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai. Kegiatan tersebut akan berbeda-beda pada setiap orang. Misalnya kamu bisa belajar memasak, berolahraga, melukis, atau bahkan menjadi sukarelawan dalam sebuah organisasi.
 

3. Menarik napas dalam-dalam


Kamu mungkin sudah sering mendengarnya, tetapi menarik napas dalam-dalam bisa sangat bermanfaat. Jika kamu mendapati dirimu melamun dan memikirkan suatu hal secara berlebihan, cobalah untuk menutup mata dan menarik napas dalam-dalam.
 

4. Meditasi


Melakukan meditasi secara teratur merupakan latihan yang terbukti secara ilmiah dapat membantu menjernihkan kembali pikiranmu. Selain itu, meditasi juga bisa membantu mencegah perasaan gugup dengan melatih perhatian kembali penuh kepada dirimu.
 

5. Melakukan hal baik untuk orang lain


Membantu meringankan beban orang lain dapat membantumu memahami perspektif lain. Menyadari bahwa kamu memiliki kekuatan untuk membuat orang lain bisa menjauhkan diri dari pikiran negatif. Itu juga bisa membuatmu merasa lebih produktif dan fokus kepada hal lain daripada overthinking yang kamu alami.
 

6. Bersyukur


Mensyukuri apa yang telah kamu miliki sekarang merupakan cara untuk mengatasi overthinking. Perhatikan apa saja hal kesuksesan yang selama ini telah kamu dapatkan. Meskipun itu bukan sesuatu yang besar, tapi kamu tetap harus bersyukur dengan apa saja yang telah kamu dapatkan selama ini.
(FIR)

MOST SEARCH