FITNESS & HEALTH

Tips Aman Belanja bagi Lansia

Kumara Anggita
Minggu 11 Oktober 2020 / 07:00
Jakarta: Orang berusia lanjut rentan terhadap covid-19. Untuk itu mereka diminta untuk tetap di rumah saja. Kendati demikian, tak semua orang bisa menerapkannya karena keterbatasan situasi. Beberapa dari mereka masih harus beli kebutuhan sehari-hari sendiri. 

Agar tetap aman, orang tua perlu melakukan 3M yaitu:

- Menjaga jarak setidaknya 1,5 meter antara diri sendiri dan orang lain

- Mencuci tangan

- Memakai masker 

Tak hanya itu, dikutip dari Huffpost, orang tua juga perlu melakukan disinfektan peralatan dengan lap pembersih serta jauhkan dari menyentuh wajah.

Nadia Abuelezam, seorang ahli epidemiologi dan asisten profesor di Sekolah Perawat Connell School di Boston College memeperingatkan bahwa  paparan virus selama jam-jam aktif belanha ini dapat menyebabkan epidemi yang sangat serius dalam kelompok pembeli yang sudah tua. 

Opsi teraman, jika memungkinkan, adalah memesan bahan makanan secara online dan mengirimkannya atau meminta orang terdekat atau tetangga untuk membeli barang dan meninggalkannya di luar pintu rumah.

Jangan lupa pula untuk didisinfeksi dengan lap pembersih bahan makanan atau barang yang dibeli sebelum dibawa ke rumah. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)

MOST SEARCH