FITNESS & HEALTH

Hal yang Bisa Kamu Lakukan selama di Rumah Saja agar Tak Kesepian

Raka Lestari
Jumat 09 Oktober 2020 / 15:03
Jakarta: Selama masa pandemi covid-19, pemerintah menganjurkan untuk tidak keluar rumah jika tak ada kepentingan yang mendesak. Namun di satu sisi, kamu pasti akan merasakan dampak negatif ketika menjalani apa pun di rumah saja.

Salah satunya merasa kesepian. Kondisi kesepian ini bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mentalmu juga.

“Kesepian dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Orang-orang yang kesepian cenderung memiliki lebih banyak stres,” ujar Soma Mandal, MD, seorang internis.

"Sebagai contoh, sepasang studi pada 2013 menemukan bahwa, orang dewasa yang kesepian memiliki lebih banyak peradangan sebagai respons terhadap stres. Meskipun studi hanya memiliki masing-masing 134 dan 144 peserta, mereka mengonfirmasi studi pada hewan yang menemukan hubungan antara kesepian dan peradangan," kata Mandal.

Peradangan terjadi karena respons terhadap kerusakan tubuh, di mana sel darah putih pindah ke daerah yang terluka. Sehingga dapat menyebabkan pembengkakan atau kemerahan.

Seperti respons fight or flight, inflamasi dibutuhkan jika memang diharuskan. Namun demikian, jika inflamasi terus menerus terjadi, maka bisa berdampak negatif pada kesehatan.

"Peradangan kronis seperti ini dapat menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung, kanker, dan demensia. Ini juga dapat memengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus," jelas Mandal.

Sementara itu, Chirag Shah, MD, seorang dokter darurat, menyarankan untuk bisa menurunkan rasa kesepian itu ketika kita berada di rumah. Seperti mengurangi tekanan psikologismu, meski tetap memerhatikan pedoman pemerintah.

Dan, ketika berada di rumah saja, teknologi memiliki peran yang sangat penting untuk membantumu bersosialisasi dengan orang lain. 

“Cobalah dengan melakukan video call, melakukan olahraga bersama secara virtual atau berpartisipasi dalam sebuah komunitas secara online untuk mengatasi kesepian. Selain itu, ada juga berbagai hal yang bisa kamu lakukan di ruang keluarga bersama dengan anggota keluarga lainnya,” tutup Mandal.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)

MOST SEARCH