FITNESS & HEALTH

Ini 3 Manfaat Punya Teman

Raka Lestari
Minggu 22 November 2020 / 07:00
Jakarta: Hidup tanpa memiliki teman seperti sayur tanpa garam, rasanya hambar. Ternyata memiliki teman selain bisa mendapatkan banyak informasi, saling sharing tentang apa yang sedang kamu rasakan juga punya manfaat kesehatan lho!

Penelitian yang dilakukan Claire Yang, sosiolog di University of North Carolina, Chapel Hill, menemukan bahwa orang-orang dengan ikatan sosial yang dekat memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dilansir dari Reader's Digest, manfaat kesehatan bagi tubuh kamu antara lain adalah tekanan darah, indeks massa tubuh, lingkar pinggang dan tingkat penanda inflamasi protein C-reaktif yang lebih rendah dibandingkan mereka yang terisolasi secara sosial.

Tak hanya itu memiliki banyak teman juga memberi manfaat lainnya, yaitu:
 

1. Atraktif

 
Sebuah penelitian kecil dari University of California, San Diego, menunjukkan bahwa kamu terlihat lebih menarik ketika berada dalam kelompok daripada sendirian. 
 

2. Melawan kanker

 
Dalam sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam jurnal Cancer, wanita dengan kanker ovarium yang memiliki dukungan sosial yang memadai dari teman-temannya, memiliki interlekuin-6 70 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang memiliki sedikit teman. Interlekuin-6 merupakan protein darah yang dapat mengurangi efektivitas kemoterapi. 

 

3. Menurunkan tekanan darah

 
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychology and Aging ditemukan bahwa ada hubungan langsung antara perasaan kesepian dan tekanan darah tinggi. Jadi jika kamu dikelilingi orang-orang yang mencintai dan mendukung kamu, risiko tekanan darah tinggi akan berkurang.
(TIN)

MOST SEARCH