FITNESS & HEALTH

Cara Menghindari Komplikasi dari Diabetes

Kumara Anggita
Rabu 18 November 2020 / 09:05
Jakarta: Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang bisa membuat komplikasi. Tentunya siapapun tidak mau ini terjadi dan oleh karena itu, kamu perlu untuk melakukan langkah preventif.

Dikutip dari Science Daily, ada banyak komplikasi yang muncul karena diabetes antara lain:

- Neuropati

- Penyakit ginjal

- Masalah pengelihatan

- Penyakit jantung

- Stroke

- Menurunnya level testosteron

- Gastroparesis

Kamu bisa menghindarinya dengan mengontrolnya. Ini bisa dimulai dengan melakukan berbagai hal seperti:


Pemeriksaan rutin


“Ketika kami melihat pasien setiap tiga bulan, kami dapat mengenali pola gula darah, membuat rekomendasi gaya hidup dan meningkatkan pengobatan sebelum gula menjadi tidak terkendali," kata Dr. Sarah R. Rettinger, ahli endokrinologi di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

Pemeriksaan rutin itu memungkinkan dokter mendeteksi dan mengobati tanda-tanda awal masalah. "Dengan kontrol yang baik, pasien harus bisa hidup sehat, bahagia dan panjang umur, tanpa komplikasi," katanya.

Dr. Lorena Lewy-Alterbaum, ahli endokrinologi juga menyebutkan bahwa penting untuk memulai pemeriksaan rutin tersebut lebih awal. “Semakin cepat gula darah kamu terkontrol, semakin kamu dapat menurunkan risiko komplikasi di masa mendatang,” jelas dokter yang berpraktik di  Memorial Regional Hospital South dan di Hollywood, Florida.
 

Perubahan gaya hidup


Perubahan gaya hidup juga menjadi hal penting lainnya. Perhatikan makanan, olahraga, dan juga kesehatan mental kamu.

“Perubahan gaya hidup seperti pola makan yang lebih sehat, lebih banyak aktivitas fisik dan manajemen stres semuanya membantu mengurangi risiko komplikasi,” kata Lucille Hughes, seorang pendidik diabetes bersertifikat dan direktur pendidikan diabetes di South Nassau Communities Hospital di Oceanside, New York.
 

Rajin mengukur darah


Dr. Gregory Dodell, asisten profesor endokrinologi, diabetes dan penyakit tulang di Mt. Sekolah Kedokteran Sinai menjelaskan bahwa kamu juga perlu untuk untuk mendapatkan hemoglobin A1C. Ini adalah pengukuran darah. Ini karena penelitian menunjukkan bahwa tujuan hemoglobin A1C yang sehat dapat membantu kamu menghindari komplikasi sejak awal.


Temui profesional kesehatan dan spesialis lainnya


“Penting juga untuk tidak hanya menemui dokter perawatan primer atau ahli endokrin secara teratur, tetapi juga profesional kesehatan dan spesialis lain yang direkomendasikan kepada Anda, seperti dokter mata, ahli gizi, dan pendidik diabetes, kata Dr. Dodell.
(YDH)

MOST SEARCH