FITNESS & HEALTH

5 Hal Ini Bisa 'Mengobati' Insomnia Kamu

Kumara Anggita
Selasa 03 November 2020 / 13:27
Jakarta: Masalah tidak bisa tidur atau insomnia adalah hal yang sangat menganggu. Ini karena kamu jadi tidak mendapat cukup tidur dan bisa merasa lemas keeseokan harinya. 

Data dari The Good Body menyebutkan hampir 1 dari 4 orang Amerika mengalami insomnia setiap tahunnya. Dan 30 persennya mengembangkan gejala-gejala insomnia. Selain itu 10 persen orang Amerika juga mengalami chronic insomnia.

Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Dikutip dari Healthline, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan atau melakukan beberapa hal berikut ini: 
 

1. Minyak lavender


Minyak lavender adalah jenis minyak esensial yang berasal dari tanaman lavender. Minyak lavender telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat alami untuk meningkatkan kualitas tidur dan menimbulkan perasaan tenang.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa lavender patch, bila dikombinasikan dengan kebiasaan tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas tidur mahasiswa.

Tak hanya itu, review 2020 menemukan bahwa lavender bisa meningkatkan awal tidur, durasi tidur, dan kualitas tidur. Orang dengan insomnia dapat menggunakan minyak lavender sebagai semprotan bantal atau di patch, minyak pijat, atau diffuser aromaterapi.
 

2. Kamomil


Orang dapat menggunakan kamomil sebagai teh, atau mereka dapat menggunakannya sebagai minyak esensial atau sebagai suplemen makanan. Sebuah studi tahun 2017 pada orang tua dengan insomnia menemukan bahwa ekstrak chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan.


kamomil
(Membuat teh hangat dengan campuran kamomil serta madu bisa coba kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

3. Meditasi penuh perhatian (mindfulness)


Ini bisa memberikan berbagai efek termasuk mengurangi stres, meningkatkan ketahanan, memperbaiki suasana hati,  meningkatkan kekebalan, dan bahkan meningkatkan efek pada tidur.

Sebuah studi tahun 2014 tentang teknik mindfulness pada orang dengan insomnia kronis menemukan bahwa intervensi meditasi mindful mengurangi total waktu bangun pada subjek. Penulis penelitian merekomendasikan ‘mindfulness’ sebagai alternatif pengobatan yang layak untuk pengobatan tradisional.

Kamu bisa memulaimya dari aplikasi atau video di internet. Kamu juga bahkan dapat mengembangkan latihan ini menjadi latihan fisik, seperti yoga atau tai chi.
 

4. Olahraga rutin


Olahraga teratur akan meningkatkan tingkat kesejahteraan, suasana hati, dan kebugaran dan bahkan dapat membantu orang mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. 

Uji coba tahun 2015 oleh European Sleep Research Society menemukan bahwa olahraga 150 menit seminggu secara signifikan mengurangi gejala insomnia pada partisipan dan mengurangi depresi dan kecemasan, yang berdampak pada tidur. National Science Foundation (NSF) merekomendasikan kamu berolahraga seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga. 

Untuk hasil tidur yang maksimal, orang mungkin mendapat manfaat dari penjadwalan sesi olahraga pagi atau sore daripada malam hari. Hal ini memungkinkan suhu tubuh naik, lalu turun, pada waktu yang tepat untuk tidur.
 

5. Kebersihan tidur yang baik


Sederhananya, kebersihan tidur yang baik menggambarkan rutinitas dan aktivitas seseorang di sekitar waktu tidur. Kebersihan tidur yang baik dapat membantu meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki tidur yang konsisten dan tidak terganggu.

Orang dapat meningkatkan kebersihan tidur yang baik dengan:

- Memiliki rutinitas waktu tidur yang konsisten, yaitu tidur pada waktu yang sama di malam hari dan bangun pada waktu yang sama di pagi hari, bahkan di akhir pekan

- Menghindari layar, laptop, ponsel, dan TV setidaknya satu jam sebelum waktu tidur

- Menjaga kamar tidur tetap gelap dan tenang dengan lampu redup, tirai tebal, dan tirai atau dengan menggunakan penutup telinga dan masker mata

- Menggunakan kamar tidur hanya untuk tidur 

- Memastikan kasur, bantal, dan selimut nyaman

- Menghindari alkohol, nikotin, dan minuman berkafein di malam hari

- Mandi air hangat atau mandi sekitar 1,5 jam sebelum tidur

- Tidak makan besar saat larut malam.
(TIN)

MOST SEARCH