FITNESS & HEALTH

Ini Efek Samping yang Dialami Ibu Hamil usai Vaksinasi Covid-19

Raka Lestari
Rabu 04 Agustus 2021 / 09:06
Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah mengeluarkan surat edaran untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil. Vaksinasi covid-19 dipastikan bisa dilakukan ibu hamil dan aman dilakukan, serta tidak memberikan dampak yang merugikan baik pada ibu dan bayinya.

“Jadi begini, tentu ada tiga dasar yang kami gunakan untuk merekomendasikan vaksin covid-19 pada ibu hamil. Yang pertama, bahwa studi pada binatang untuk semua jenis vaksin apakah itu yang berbasis mRNA, viral vector, atau yang inactivated virus semuanya aman,” jelas Prof Budi Wiweko - Sekjen POGI.

Menurut Budi, tidak ada kecacatan pada bayi, tidak ada kesakitan pada ibu di studi pada binatang mencit, tikus, dan kelinci.

“Jadi semuanya aman. Kemudian yang kedua, studi observasional pada vaksin yang berbasis mRNA yaitu Pfizer dan Moderna itu melaporkan bahwa dari 35.000 ibu hamil yang disuntik mendapatkan vaksin sebanyak 897 sudah melahirkan dan tidak ada masalah dengan bayinya serta tidak ada masalah dengan ibunya,” kata Prof Budi.

Dalam studi tersebut, tidak ada efek samping atau KIPI yang serius. Dan terakhir yang ketiga, POGI juga menganalogikan pemberian vaksin yang berasal dari virus yang mati pada ibu hamil selama ini itu aman. Seperti vaksin influenza maupun vaksin TDAP.

Budi juga menjelaskan bahwa kejadian ikutan pasca imunisasi pada ibu hamil yang mendapatkan vaksinasi covid-19 hampir serupa dengan kelompok pada umumnya.

“Betul sekali, kalau melihat di studi observasi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada Maret 2021, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang paling banyak pada ibu hamil itu adalah local site injection yaitu nyeri pada daerah suntikan," terang Budi,

"Dan komparasinya tidak berbeda bermakna dibandingkan pada ibu hamil dibandingkan pada perempuan yang tidak sedang hamil,” tutupnya.
(FIR)

MOST SEARCH