FITNESS & HEALTH

Inilah 4 Keunikan Tanaman Herbal yang Perlu Diketahui

Mia Vale
Minggu 03 April 2022 / 16:00
Jakarta: Saat ini pola hidup sehat banyak didengungkan. Orang-orang berlomba hidup sehat dan bugar, terutama pada keadaan pandemi seperti sekarang ini. Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga menjadi rutinitas yang harus dijaga agar imun tubuh tetap terjaga.

Tanaman herbal pun menjadi pilihan sebagai konsep makanan sehat yang dijalankan. Pasalnya, tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Bahkan tak hanya sebagai makanan, tanaman herbal ini juga memiliki banyak fakta unik dlam kehidupan sehari-hari. Enggak percaya? Coba deh, kamu baca beberapa khasiat menarik yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.
 

1. Tanaman herbal untuk obat dan kesehatan 


Dalam hal pengobatan dan kesehatan, tanaman herbal sudah dipercaya sejak ribuan tahun yang lalu. Tiongkok dan Indonesia, misalnya, sudah menggunakan tanaman herbal sebagai obat tradisional. Sebut saja daun basil yang memiliki zat antioksidan yang kuat. Daun ini dipercaya dapat membentengi tubuh dari radikal bebas. 

Ada juga daun thyme, yang menurut Healtline dapat meningkatkan sistem imun, menurunkan tekanan darah, dan menghilangkan batuk. Dan laman Organic Facts mengatakan bahwa daun rosemary berkhasiat meningkatkan fungsi otak, mencegah Alzheimer, meredakan stress dan mencegah kanker.


tanaman herbal adalah
(Tanaman herbal paling sering dipilih adalah daun basil, daun mint, dan daun rosemary. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Tanaman herbal sebagai bahan masakan


Tak hanya untuk pengobatan dan kesehatan, daun herbal juga sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Daun herbal memiliki manfaat sebagai bumbu makanan, penghias makanan, dan mengeluarkan aroma khas. Bagian daun, batang, dan bunga disajikan dalam kondisi segar merupakan bagian paling sering dipakai. 

Pada makanan Eropa, Menurut laman Cooking Light, tanaman herbal paling sering dipilih adalah daun basil, daun mint, daun rosemary, daun oregano, daun thyme, cilantro (daun ketumbar), parsley (daun peterseli) dan sebagainya.
 

3. Tanaman herbal sebagai komposisi masakan


Untuk menggunakan tanaman herbal pada masakan, bergantung dari masing-masing jenis tanaman itu sendiri. Misal, daun rosemary. Dikutip dari laman Molbaks, daun ini dipakai bagian daun, batang, dan bunga sebagai bumbu ayam, ikan, atau kerang. Sedangkan daun basil muda dapat digunakan untuk membuat pesto, saus berbasis tomat, pizza, hidangan ikan atau pasta.
 

4. Tanaman herbal dan efek samping


Beberapa jenis tanaman herbal tidak direkomendasikan, khususnya bagi ibu hamil. Daun catnip, misaknya, mampu menstimulasi uterus dan menyebabkan kontraksi. Daun rosemary juga dapat mengakibatkan kontraksi. 

Tanaman herbal juga tidak direkomendasikan bagi hewan peliharaan. Chamomile mengakibatkan diare dan muntah pada anjing dan kucing. Holly berries mengakibatkan kepala gemetar, gangguan pencernaan dan memicu air liur pada kucing dan anjing. 

(TIN)

MOST SEARCH