FITNESS & HEALTH

5 Cara agar Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Raka Lestari
Rabu 12 Januari 2022 / 11:06
Jakarta: Banyak orang yang menganggap bahwa 'rumput tetangga selalu lebih hijau'.  Padahal dengan berpikir seperti itu, justru kamu tidak memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mencoba berbagai kesempatan yang ada yang mungkin bisa membuat hidupmu lebih baik.

Jika kamu selalu berpikir bahwa hidupmu tidak pernah cukup atau sempurna, sebaiknya perlu melakukan beberapa perubahan. Dilansir dari Elite Daily, berikut ini adalah berbagai perubahan yang perlu kamu lakukan agar tidak membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain:
 

1. Jangan pernah cemburu dengan kehidupan orang lain


Rasa cemburu atas apa yang dimiliki oleh orang lain adalah hambatan terbesar yang kamu miliki. Pikiran tersebut membuat setiap aspek dalam kehidupan akan menjadi tampak suram, dan banyak menimbulkan ketegangan pada hubungan. Baik dengan orang lain, keluarga, atau pasangan.

Jika kamu merasa cemburu atas kesuksesan yang dimiliki orang lain, singkirkan jauh-jauh perasaan tersebut. Dan ketahuilah bahwa kamu sudah memiliki apa yang kamu butuhkan dalam hidup.
 

2. Jangan menunda-nunda


Jangan pernah menunda-nunda sesuatu dan menjadikannya sebagai alasan. Kamu mungkin berpikir masih memiliki waktu dan kesempatan untuk melakukan sesuatu, namun sebenarnya kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk itu, lakukan apa yang kamu bisa saat ini juga selagi bisa.
 

3. Sering bersosialisasi


Semakin banyak kamu berbicara dengan orang-orang, semakin kamu akan menyadari bahwa kamu pun tidak kalah dengan orang lain. Dengan banyak bertemu orang, kamu bisa saling bertukar pikiran mengenai apa yang membuat perasaan resah, tidak bahagia, dan lain sebagainya. Dan terkadang jawaban-jawaban dari mereka bisa membuatmu lebih bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini.
 

4. Memiliki sikap selalu ingin tahu


Keingintahuan dapat membuatmu terpacu untuk bisa sukses seperti orang lain. Namun di sisi lain rasa ingin tahu juga bisa menjadi salah satu kerugian. 

Memiliki rasa ingin tahu yang berlebihan, justru bisa membuatmu menjadi iri terhadap apa yang dilakukan oleh orang lain, yang mungkin sebenarnya tidak akan terjadi. Dengan catatan, kamu tidak berlebihan mencari tahu mengenai sesuatu hal.
 

5. Tidak menggunakan sosial media selama seminggu


Cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktumu pada smartphone terutama dengan membuka media sosial. Sebagai gantinya, cobalah untuk mulai melihat kehidupan yang ada di sekitarmu. Dengan melihat foto-foto yang terlihat 'sempurna' di media sosial, mungkin saja kamu jadi melupakan kenyataan yang sebenarnya di balik setiap hal yang kamu anggap tersebut.
 

6. Selalu bersyukur


Bersyukur adalah kunci untuk menikmati apa yang kamu miliki saat ini, dan melepaskan apa pun yang terjadi di luar kuasamu. Selalu ada seseorang di dunia ini yang lebih baik atau lebih buruk.

Selalu berpikir bahwa kehidupan orang lain lebih baik dari kehidupanmu adalah sesuatu yang sangat melelahkan. Untuk itu, kamu hanya perlu menikmati apa yang kamu miliki sekarang.
(FIR)

MOST SEARCH