End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Kamu Korban Body Shaming? Lakukan Hal Ini Biar Kamu PD Lagi

Yatin Suleha
Rabu 11 Januari 2023 / 11:44
Jakarta: Sering kita mendengar kata body shaming. Berbagai alasan orang melakukan body shaming kepada orang lain bisa jadi karena ingin mengundang gelak tawa, iseng, dan dengan segaja memang ingin berkomentar buruk pada orang lain.

Menukil dari tulisan Anandra Charissima Putri dalam makalah mengenai "Body Shaming" tindakan ini memiliki sebab.

“Penyebab munculnya body shaming adalah pikiran atau pandangan tradisional akibat postkolonialisme yang memberi standar kecantikan dengan bentuk tubuh ideal, berkulit putih, hingga tubuh yang tinggi,” tulis Anandra.

Nada Irma dalam tulisannya mengenai "Mengenal Body Shaming dan Dampaknya" juga menambahkan bahwa melakukan body shaming terhadap seseorang punya dampak psikologis.

"Body shaming memiliki banyak sekali dampak yang ditujukan kepada korban body shaming tersebut. Body shaming dapat membuat korban menjadi depresi, rasa malu yang berlebihan, tidak percaya diri, dan sebagainya," tulisanya lagi.


(Lakukan berbagai olahraga misalnya yoga yang bisa membantu kamu melepaskan energi negatif. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplah.com)
 

Cara mengatasi setelah jadi korban body shaming


Dr Fadhli Rizal Makarim via Halodoc mengatakan bahwa tubuh kalian adalah hak kalian sepenuhnya. Tanpa perlu mempedulikan perkataan orang lain, selama kalian nyaman dengan hal tersebut, pertahankan apa yang menurut kalian benar. 

"Orang yang melakukan body shaming biasanya masih terjebak pada pandangan patriarki tentang kesempurnaan tubuh manusia," tulis dr. Fadhli lagi.

Jadi, lakukan apa yang membuat kamu bahagia, misalnya menonton bioskop sendiri, makan makanan favorit, potong rambut, perawatan, pijat, olahraga, dan sebagainya. 

Habiskan banyak waktu dengan orang-orang terdekatmu, seperti sahabat atau keluarga, untuk melupakan masalah body shaming yang kamu alami.

Kamu juga bisa melakukan hal yang bisa membantu kamu berpikir positif, misalnya mencoba belajar mencintai diri sendiri, bijak menggunakan sosial media, hindari bersembunyi dari masalah, dan lakukan berbagai olahraga yang bisa membantu kamu melepaskan energi negatif dan mendapatkan ketenangan misalnya yoga

(TIN)

MOST SEARCH