FITNESS & HEALTH

Selain Susu, Ini 5 Sumber Kalsium Tinggi yang Mudah Kamu Dapatkan

Raka Lestari
Jumat 23 Oktober 2020 / 17:46
Jakarta: Kalsium memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Kalsium berguna untuk membantu fungsi otot, mengatur detak jantung dan sinyal saraf, serta membantu mencegah pembekuan darah dan osteoporosis.

Kalsium juga identik dengan susu, padahal selain dari susu, ada banyak makanan yang memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan segelas susu. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi:
 

1. Salmon


Entah itu kamu mendapatkan daging ikan salmon segar atau kalengan, keduanya sama-sama memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Satu porsi salmon segar atau sekitar enam ons mengandung sekitar 340 miligram kalsium. Jika kamu ingin lebih banyak kalsium, gunakan salmon kalengan karena porsi lima ons mengandung 350 miligram kalsium.
 

2. Ricotta cheese


Setiap tiga perempat cangkir keju ricotta mengandung 380 miligram kalsium. Untuk camilan yang sehat, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar ke dalam ricotta cheese untuk memenuhi dosis kalsium dan serat harian. Ricotta cheese juga bisa dijadikan tambahan untuk salad kesukaanmu.
 

3. Chia seeds


Meskipun sangat kecil, tetapi chia seeds memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Seratus gram chia seeds mengandung 631 miligram kalsium. Jumlah

tersebut setara dengan sekitar tiga sendok makan yang tentunya mengandung lebih banyak kalsium daripada segelas susu. Kamu bisa menambahkan chia seeds ke dalam smoothie atau yogurt.
 

4. Almond


Kacang almond memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu yang utama adalah almond merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Sekitar tiga perempat cangkir almond mengandung 320 miligram kalsium.

5. Sayuran berdaun hijau


Sayuran hijau adalah sumber kalsium yang bagus, terutama sayuran hijau seperti bayam, daun sawi, bok choy, daun lobak, dan kangkung. Dua cangkir daun lobak mengandung sekitar 394 miligram kalsium, dan dua cangkir kubis mengandung 188 miligram.

Jika kamu tidak suka memakan sayuran berdaun hijau ini di salad, cobalah mencampurkannya ke dalam smoothie atau menambahkannya ke dalam sandwich.
(FIR)

MOST SEARCH