FITNESS & HEALTH

Konsumsi Sayur Cegah Penyakit Jantung?

Sunnaholomi Halakrispen
Sabtu 24 Oktober 2020 / 13:05
Jakarta: Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa diet atau pola makan kaya sayuran dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah gangguan jantung. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko kematian dini.

Menurut beberapa penelitian, orang yang makan sayuran paling banyak mungkin memiliki risiko penyakit jantung hingga 70 persen lebih rendah. Hal ini mungkin karena tingginya jumlah serat dan antioksidan yang dikandung sayuran.

Sayangnya, beberapa penelitian mengelompokkan buah dan sayuran. Selain itu, banyak yang gagal menentukan jumlah pasti sayuran yang terkandung dalam satu porsi. 

Namun, tinjauan terhadap 23 penelitian mengamati hubungan antara makan 14 ons (400 gram) sayuran per hari dan risiko penyakit jantung 18 persen lebih rendah.

Makan sayuran yang cukup tidak hanya melindungi jantung Anda. Tetapi, lebih dari itu. Sebab, juga dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Misalnya, penelitian menemukan bahwa makan 8 ons (231 gram) atau lebih sayuran per hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 25 hingga 32 persen. Demikian pula, sebuah penelitian 10 tahun yang melibatkan orang-orang dari lebih dari lima benua.

Penelitian tersebut mengamati bahwa mereka yang makan 13,4–18 ons (375–500 gram) buah dan sayuran per hari memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk meninggal selama penelitian. Kondisi ini dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit sayuran.

Namun, mereka yang mengonsumsi lebih dari jumlah tersebut tampaknya tidak mengalami penurunan angka kematian yang lebih besar.
(YDH)

MOST SEARCH