FITNESS & HEALTH

Kebiasaan Begadang Tidak Disarankan bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Raka Lestari
Sabtu 10 Oktober 2020 / 08:07
Jakarta: Memiliki kebiasaan begadang tidak baik untuk kesehatan. Begitu pula bagi mereka yang memiliki diabetes tipe 2, begadang dapat memberikan efek buruk. Dan hal tersebut dipastikan melalui sebuah studi baru-baru ini.

Dilansir dari US News, sebuah studi menemukan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang memiliki kebiasaan begadang biasanya cenderung lebih kurang melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan mereka memiliki risiko lebih buruk dalam kesehatan.

“Penting sekali untuk memahami bahwa waktu tidur dapat berdampak pada aktivitas fisik agar pasien diabetes tipe 2 yang memiliki kebiasaan begadang ini dapat megatur kesehatan mereka,” ujar Dr Joseph Henson dari University of Leicester di Inggris yang merupakan peneliti dalam studi tersebut.

“Bagi pasien diabetes tipe 2, sangat penting untuk memulai dan mempertahankan gaya hidup aktif. Bagi mereka yang memiliki kebiasaan begadang, berdasarkan penelitian kami mereka 56 persen berolahraga lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidur lebih awal,” ujar Dr Henson.

Olahraga sangat penting untuk semua orang, termasuk juga mereka yang memiliki diabetes. Dengan berolahraga, dapat menjaga berat badang sehat dan tekanan darah, serta mengurangi risiko untuk penyakit jantung, menurut Dr Henson.

Untuk studi tersebut, sebanyak lebih dari 600 pasien dengan diabetes tipe 2 menggunakan alat tracking selama seminggu untuk merekam jumlah dan waktu dari aktivitas mereka termasuk tidur, isitirahat, dan aktivitas secara keseluruhan.

“Hubungan antara tidur terlambat dan aktivitas fisik sangat jelas. Jika tidur larut malam, maka akan kurang melakukan aktivitas fisik,” ujar Dr Alex Rowlands, salah satu peneliti.

“Dan bagi mereka yang memiliki diabetes, informasi ini sangat berguna agar mereka dapat kembali ke jalur yang benar demi kesehatan mereka,”tutupnya.
(YDH)

MOST SEARCH