FITNESS & HEALTH

Teknik Self-Hypnosis yang Mampu Meredakan Kecemasan

Kumara Anggita
Selasa 20 Oktober 2020 / 14:00
Jakarta: Kecemasan adalah salah satu masalah yang saat ini banyak dialami orang, khususnya di tengah pandemi covid-19. Dan, perlu kamu tahu, kondisi ini bisa diatasi dengan bantuan teknik self-hypnosis seperti dilansir Healthline berikut ini:
 

Cara mempraktikkan self-hypnosis


-Duduklah dengan nyaman di tempat yang tenang. Ketahuilah bahwa kamu dapat menggunakan self-hypnosis di mana saja. Tetapi lingkungan yang bebas gangguan pasti membantumu fokus, terutama jika kamu baru mengenal praktik tersebut.

-Selama beberapa saat, tarik napas dalam-dalam, berirama, dan perlahan. Kamu mungkin ingin menarik dan membuang napas dalam empat hitungan. Atau tarik napas, tahan sebentar, dan lepaskan untuk menghembuskan napas lebih lama. Temukan apa pun yang terasa paling menenangkan untukmu.

-Bayangkan diri kamu berada di tempat yang memberi kamu kenyamanan dan kedamaian.  Ini bisa di mana saja tidak harus di tempat yang pernah kamu datangi sebelumnya. Kamu bisa bayangkan menunggangi unicorn di Jupiter atau berada di pantai, atau kembali ke masa lalu yang indah.

-Libatkan semua indra kamu untuk membumi. Cium aroma pai apel resep keluarga nenek kamu, jika kamu memilih untuk kembali ke kenangan masa kecil. Rasakan angin laut di wajah kamu dan pasir di antara jari-jari kaki kamu saat kamu membayangkan berbaring di pantai.

-Pilih afirmasi yang kamu rasa kamu butuhkan saat ini. Penegasan dapat disesuaikan dengan  situasi apa pun seperti, "Saya aman" atau "Saya kuat”.

-Ulangi kata-kata tersebut di benak kamu, biarkan kata-kata itu meresap dalam-dalam. Fokuskan perhatian kamu untuk mempercayainya. Tetap dalam keadaan meditasi ini selama yang kamu sukai.

Ini adalah cara yang bebas biaya, bebas efek samping, dan tersedia kapan saja. Self-hypnosis adalah obat untuk mengatasi kecemasan yang tidak ada salahnya untuk dicoba.
(FIR)

MOST SEARCH