FITNESS & HEALTH

Jangan Mandi pada 4 Waktu Ini jika Ingin Kesehatanmu Terjaga

Medcom
Rabu 02 November 2022 / 17:12
Jakarta: Mandi merupakan kebutuhan setiap manusia untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mandi air hangat yang harum di bulan-bulan yang lebih dingin dan mandi air dingin di siang hari ketika cuaca sedang terik.

Hidroterapi telah dipraktekkan selama berabad-abad. Baik penggunaan air panas maupun dingin saat mandi dapat memberikan efek yang menguntungkan bagi tubuh.

Demikian pula, cryotherapy atau mandi es, dapat membantu meringankan ketegangan otot dan banyak atlet termasuk pelari akan menenggelamkan diri dalam air beku untuk melawan kerusakan atau ketegangan yang disebabkan oleh olahraga.

Tapi, tahukah kamu ada empat waktu yang menganjurkan kita untuk menghindari mandi karena efeknya yang berbahaya? Simak penjelasan berikut:
 

1. Mandi setelah makan


Mandi setelah kamu mengisi perut sampai kenyang tak dianjurkan karena dapat menghambat fungsi aliran darah. Darah akan berfokus pada pencernaan setelah makan.

Jika kamu mandi setelah makan, maka pembuluh darah akan mengembang dan mengulang kembali fungsinya, dan mengakibatkan sirkulasi darah dalam sistem pencernaan terganggu.
 

2. Mandi setelah beraktivitas


Siapa di sini yang langsung mandi setelah melakukan aktivitas tanpa mengistirahatkan tubuh terlebih dahulu? Entah itu aktivitas otak atau otot, keduanya memiliki dampak buruk kalau kamu langsung mandi. Hal ini mengakibatkan kurang darah di bagian hati dan dada yang akan membuat pingsan.
 

3. Mandi setelah mabuk


Alkohol menjadi penghambat aktivitas hati dan menghambat pelepasan glukosa. Saat mandi dalam situasi ini akan membuat pencernaan glukosa meningkat.

Ini yang membuat tubuh memproduksi gula darah terlalu banyak sehingga rentan terkena pusing. Jadi, jika kamu habis party bersama teman, jangan langsung mandi untuk menghilangkan mabuk dan bau alkohol ya, karena bisa berbahaya loh.
 

4. Mandi saat demam


Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat Celsius jika diukur menggunakan termometer di ketiak. Selain suhu tubuh menjadi lebih sensitif terkena air.

Mandi saat demam tidak dianjurkan, karena tubuh mengonsumsi panas lebih dari 20% dan jika kamu mandi saat demam bisa lebih mudah terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH