FITNESS & HEALTH

Ini Takaran Ideal Air yang Diminum Pasien Diabetes

Raka Lestari
Kamis 16 Desember 2021 / 08:15
Jakarta: Bagi mereka yang hidup dengan diabetes, tentu sudah tahu betapa pentingnya menjaga kadar gula darah (glukosa) yang sehat. Jika dibiarkan, gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf di tubuh. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal ginjal, kebutaan, dan penyakit kardiovaskular.

Tetapi meskipun obat-obatan, olahraga, dan diet sehat dapat menurunkan gula darah, penting juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Gula darah tinggi dapat mengurangi kadar cairan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan dehidrasi.
 

Diabetes dan dehidrasi


Dikutip dari Healthline, dehidrasi dan diabetes bisa berjalan beriringan. Faktanya, rasa haus dan mulut kering di mana keduanya merupakan tanda dehidrasi ringan seringkali merupakan indikator awal diabetes. Tapi, apa hubungan antara diabetes dan dehidrasi?

Hal ini ada hubungannya dengan bagaimana tubuh merespons gula darah tinggi. Diabetes berarti tubuh tidak membuat insulin atau menggunakan insulin dengan benar. Insulin adalah hormon yang memungkinkan sel-sel tubuh menyerap gula dalam aliran darah, dan kemudian menggunakan gula itu untuk energi.

Jika tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar, gula dapat menumpuk di aliran darah. Ketika gula darah tetap tinggi untuk waktu yang lama, ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring dan membuang kelebihan glukosa.

Ini terjadi melalui buang air kecil. Peningkatan buang air kecil inilah yang menyebabkan dehidrasi, terutama jika kamu tidak mengganti cairan yang hilang.
 

Berapa banyak air yang harus diminum pasien diabetes?


Menjaga gula darah dalam kisaran normal membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan yang sehat. Minum air tidak hanya melawan dehidrasi, tetapi juga dapat membantu tubuh membuang kelebihan glukosa.

Bagi mereka yang memiliki diabetes, harus minum banyak cairan yaitu sekitar 1,6 liter (L) atau 6,5 cangkir per hari untuk wanita. Dan 2 L atau 8,5 gelas per hari untuk pria.

Untuk menambah rasa pada air biasa, tambahkan beberapa perasan jeruk nipis segar atau jus lemon. Namun, harus menghindari minuman energi, jus buah, dan soda. Minuman ini mengandung banyak gula dan dapat meningkatkan gula darah. Air soda tidak apa-apa, asalkan bebas gula.
(FIR)

MOST SEARCH