FITNESS & HEALTH

3 Berita Terpopuler Gaya: Pertolongan Pertama pada Hemofilia Hingga Hepatitis Misterius

Yatin Suleha
Selasa 19 April 2022 / 06:05
Jakarta: Hemofilia adalah gangguan ketika darah tidak membeku secara normal. Jika darah tidak dapat membeku dengan baik, perdarahan berlebih (eksternal dan internal) terjadi setelah cedera atau kerusakan. 

Orang-orang dengan hemofilia dapat berdarah dengan mudah atau lebih lama dari biasanya. Jadi penting bagi orang tua - untuk anak-anak - atau pribadi kita sendiri - bila sudah dewasa - untuk mengetahui cara menangani perdarahan saat itu terjadi. 

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan. Namun, bila sudah memberikan pertolongan pertama, namun darah masih tetap keluar, segera bawa ke dokter. 

Pasalnya, bisa berakibat fatal jika perdarahan tidak segera berhenti. Berikut ini, Medcom.id/gaya merangkum berita menarik yang terjadi sepanjang Senin, 18 April 2022:
 

1. Pertolongan Pertama pada Penderita Hemofilia


Umumnya, penderita hemofilia mengalami perdarahan yang lebih lama dibandingkan orang normal. Ini karena protein yang berguna untuk membekukan darah. Melansir dari laman Kids Health, bila perdarahan akibat cedera ringan bisa diobati di rumah.

Namun, bila cederanya lebih serius mungkin memerlukan perawatan di dokter. Yuk, cari tahu caranya!



Selengkapnya klik di sini
 

2. 4 Manfaat Bersih-bersih Rumah untuk Kesehatan Mental


Ketika beberapa orang merasa kewalahan atau stres, mereka mungkin mencoba yoga, mindfulness, atau bahkan pijatan. Tapi bagi sebagian yang lain, membersihkan dapur, membereskan ruangan rumah yang berantakan, atau merapikan baju di lemari pakaian sama bermanfaatnya bagi kesehatan mental mereka. 

Penelitian telah menemukan bahwa pembersihan dan decluttering dapat memiliki sejumlah efek positif pada kesehatan mental. Bahkan dengan melihat pemandangan rumahnya menjadi bersih dan teratur sudah membantu mereka melepaskan lelah dan menghilangkan stres. 



Selengkapnya klik di sini
 

3. Penyakit Hepatitis Misterius 'Menyerang' Anak-anak di Amerika dan Eropa, Ini Gejalanya!


Pejabat kesehatan di beberapa negara Eropa dan Amerika sedang menyelidiki kasus misterius penyakit hati parah (hepatitis) pada anak-anak. Mereka berpikir itu mungkin terkait dengan sejenis virus yang biasanya dikaitkan dengan pilek. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Inggris telah menyelidiki setidaknya 74 kasus di mana anak-anak menderita hepatitis, atau peradangan hati. Tiga kasus serupa di Spanyol dan beberapa di Irlandia juga sedang diselidiki.

Serupa dengan Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya, pejabat kesehatan AS pun mengatakan mereka sedang menyelidiki sembilan kasus serupa. Semuanya berada di Alabama. Dan para pejabat mengatakan mereka sedang mencari tahu apakah ada lebih banyak lagi di tempat lain. 



Selengkapnya klik di sini

(TIN)

MOST SEARCH