FITNESS & HEALTH

10 Tanda Pengabaian Emosional dalam Hubungan

Mia Vale
Selasa 11 Januari 2022 / 18:44
Jakarta: Pengabaian emosional dalam suatu hubungan adalah tidak adanya kesadaran dan respons emosional yang cukup. Mungkin tidak terlihat oleh semua orang, bahkan pasangan itu sendiri, namun itu menyakitkan. Kedua pasangan terluka oleh apa yang tidak ada. 

Sangat penting bahwa pasangan menjangkau dan menanggapi satu sama lain secara emosional. Jadi apa yang terjadi jika kamu atau pasanganmu tidak mampu meminta atau merespons? Dan, diluar itu, bagaimana jika itu bukan salah siapa-siapa?
 

Hubungan yang mengabaikan emosional


Kesepian. Mungkin itu yang bisa digambarkan dalam pernikahan yang mengabaikan secara emosional. Seolah-olah kita memiliki seseorang tepat di samping, namun mereka berada ribuan mil jauhnya secara emosional

Kita bisa melihat mereka tetapi tidak dapat merasakan kehadirannya. Dapat berbicara dengan mereka tetapi tidak dapat berbicara seperti yang kita inginkan. 


tanda pengabaian emosional
(Jika kamu merasakan pengabaian secara emosional, mintalah dukungan emosional dari pasangan, seperti berbagi saat-saat bahagia, sedih atau menyakitkan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Pengabaian emosional masa kecil


Biasanya, pengabaian emosional dibawa ke dalam pernikahan melalui masa kanak-kanak salah satu atau kedua pasangan. 

Ketika salah satu atau kedua pasangan berasal dari keluarga yang tidak menyadari perasaan dan kurang memerhatikan mereka saat masa kanak-kanak, maka pasangan itu secara alami melanjutkan proses itu. Akibatnya, akan mengalami kebutaan emosi. 

Dan bukan tidak mungkin pasangan akan merasa kesepian. Begitu yang dikutip dari laman Psychology Today. Namun, bila keduanya membawa titik buta emosional ke dalam hubungan, maka kalian tidak dapat melihat apa yang hilang. 
 

10 tanda pengabaian emosional 


Secara diam-diam rasa diabaikan ini akan membuat hubungan pasutri: 

- Kamu dan pasangan sering salah membaca perasaan, tindakan, pikiran, atau niat satu sama lain yang sebenarnya
- Sebagai pasangan, kamu menghindari mengungkit hal-hal yang sulit agar tidak membuat kesal satu sama lain
- Kamu belum menemukan cara untuk berdebat secara produktif
- Percakapan sebagian besar terfokus pada fakta, peristiwa, atau logistik
- Pasangan bukanlah orang pertama yang ingin kamu beri tahu ketika sesuatu yang hebat terjadi atau masalah muncul
- Saat mencari kenyamanan dari pasangan, mereka sering mengatakan hal yang salah
- ?Kamu tidak merasa seperti berada dalam tim yang menjalani hidup bersama
- Kamu sering merasa sendirian saat bersama pasangan
- Mungkin sulit untuk menemukan sesuatu untuk dibicarakan bersama
- Emosi positif seperti cinta, kehangatan, atau ikatan emosional terasa canggung atau hanya terjadi saat berhubungan seks
 

Apa yang harus dilakukan? 


Pertama, jika beberapa dari 10 hal ini berlaku untuk pernikahanmu, pertimbangkan kemungkinan bahwa pengabaian emosional sedang terjadi. Kemudian, ingatkan diri sendiri bahwa menyalahkan tidak membantu dan tidak perlu. 

Mintalah dukungan emosional dari pasangan, seperti berbagi saat-saat bahagia, sedih atau menyakitkan. Dengan begitu, pengabaian emosi akan sembuh selangkah demi selangkah.
(TIN)

MOST SEARCH