FITNESS & HEALTH

7 Cara Cepat Menambah Berat Badan

Yuni Yuli Yanti
Kamis 01 Oktober 2020 / 18:02
Jakarta: Dari sekian banyak cara yang dilakukan untuk berdiet, tercatat hanya 10 persen orang di dunia yang justru ingin berat badannya bertambah. Sebagian besar orang berdiet karena merasa tubuhnya mudah gemuk, sebagian kecilnya justru merasa kesulitan menambah berat badan. 

Jika, kamu salah satu dari 10 persen ini, berikut tips yang bisa dilakukan:

1. Tetapkan target

Sebelum kamu menjalankan program penggemukan tubuh, pertama-tama kamu harus menetapkan berapa berat badan yang diinginkan. Pastikan targetmu masih dalam batas normal agar tidak mengarah pada obesitas.

2. Perhatikan rumus

Menambah berat badan juga ada rumusnya, lho. 70-20-10 merupakan angka keramat bagi kamu yang ingin meningkatkan berat badan. Angka ini mewakili komposisi makanan yang harus disantap, yaitu 70% protein tanpa lemak, 20% kalori dari karbohidrat, dan 10% (atau kurang) lemak sehat. 

Menghitung jumlah kalori dalam makanan juga tidak hanya dilakukan orang-orang yang sedang berdiet saja. Untuk menambah bobot tubuh, pastikan kalori yang masuk dalam tubuh lebih besar dari kalori yang dipangkas lewat kegiatan sehari-hari.


(Pastikan targetmu masih dalam batas normal agar tidak mengarah pada obesitas. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Pola makan sehat

Menambah berat badan bukan berarti kamu bebas menyantap apapun dan kapanpun. Kamu juga harus terus memperhatikan kesehatan dengan menghindari makanan dengan lemak jenuh atau saturated fats. Jika, target kamu tidak terpenuhi dan berat badan justru semakin berkurang, periksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak ada gangguan kesehatan.

4. Jus buah

Jika, orang yang berdiet disarankan meminum jus dari satu jenis buah, maka kamu yang menambah berat badan sebaiknya mengonsumsi jus yang terbuat dari bermacam-macam buah. Hasilnya, tubuh semakin berisi tapi tetap sehat.

5. Hindari minum sebelum makan

Minum sebelum makan membuat perut cepat kenyang walau hanya makan sedikit.


(Kamu yang ingin menambah berat badan sebaiknya mengonsumsi jus yang terbuat dari bermacam-macam buah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

6. Berhenti merokok

Jika diperhatikan, mayoritas perokok aktif memiliki tubuh yang langsing. Ini disebabkan zat-zat kimia dalam rokok dapat menekan selera makan. Maka, tak heran jika banyak yang memilih untuk tidak makan ketimbang puasa merokok.

7. Ngemil sebelum tidur

Metabolisme tubuh menurun saat kita tidur. Menyantap camilan bernutrisi sebelum tidur menjadi cara termudah untuk menambah berat badan, karena tubuh mencerna makanan dengan lebih lambat.

(yyy)

MOST SEARCH