FITNESS & HEALTH

Kebaikan dari Tak Mengisolasi Diri Saat Sedang Menderita

Kumara Anggita
Minggu 25 Oktober 2020 / 15:00
Jakarta: Hidup ini tidak akan terpisah dari penderitaan. Saat penderitaan menghampiri, ada baiknya kamu melewatinya dengan cara yang baik untuk kesehatan mental kamu sendiri.

Kebanyakan orang menghadapinya dengan mengisolasi diri. Namun nampaknya isolasi bukanlah pilihan yang sepenuhnya baik untuk kamu.

Psikolog Klinis, Bianglala Andriadewi S.Psi., M.Psi., Psikolog dari Ibunda.id menganjurkan kamu untuk tidak melewatinya sendiri. 

Terapkanlah di pikiran masing-masing bahwa apa yang kamu hadapi adalah Common Humanity atau Kemanusiaan Umum. Kamu akan melihat beberapa manfaatnya seperti tidak merasa sendirian.

Ketika kamu menghadapi penderitaan, di momen itu kamu merasa bahwa hanya kamu yang merasakannya. Ini bisa terjadi karena kamu menyimpannya sendiri saat mengisolasi diri. 

Oleh karena itu, janganlah mengisolasi diri kamu, berbagi dengan yang lain bisa membuat penderitaanmu terasa lebih ringan. 

“Tidak merasa sendirian saat mengalami kegagalan atau kesalahan,” ungkapnya.
 

Sadar bahwa semua orang melakukan kesalahan


Mengisolasi diri bisa membuat kamu berpikir bahwa penderitaan yang kamu hadapi saat ini adalah hasil dari kesalahan kamu sendiri. Hindari penghukuman diri semacam ini.

“Sadari bahwa semua manusia juga menderita dan melakukan kesalahan,” jelasnya. Bisa mengakui bahwa penderitaan yang kamu hadapi adalah sesuatu yang normal.

Mengisolasi diri membuat kamu tidak memiliki ruang untuk orang lain. Kamu akan berkutat bahwa penderitaan yang kamu alami saat ini adalah sesuatu yang spesial karena hanya kamu yang merasakan. 

Karena itu, cobalah untuk berpikir bahwa ada pula orang-orang lain yang pernah menghadapi kejadian serupa. Ini akan lebih memudahkan kamu untuk memproses penderitaan yang sedang kamu hadapi. 

“Mengakui bahwa penderitaan dan ketikdamampuan adalah bagian dari pengalaman bersama yang dialami oleh manusia,” pungkasnya. 
(TIN)

MOST SEARCH