FITNESS & HEALTH

4 Cara Simpel Kelola Kesehatan Mental selama Pandemi Covid-19

Raka Lestari
Rabu 13 Januari 2021 / 13:06
Jakarta: Mengelola kesehatan mental sangat penting pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang. Sebab, kesehatan mental yang baik akan berpengaruh baik pula terhadap kesehatan tubuh. Di mana hal itu merupakan hal yang sangat dibutuhkan agar tubuh tetap sehat.

Lalu apa yang bisa dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga ketika melakukan isolasi mandiri? Berikut ini adalah empat cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental melansir Independent:
 

1. Melakukan olahraga kecil


Dr Lucy Atcheson, seorang psikolog konseling, mengatakan bahwa salah satu masalah utama ketika melakukan isolasi mandiri adalah kita mulai kehilangan olahraga kecil, yang biasanya kita lakukan tanpa disadari.

Mulai dari berjalan ke tempat kerja, membeli kopi, atau menyapa teman itu sebenarnya merupakan gerakan kecil yang bisa dianggap sebagai olahraga juga. Untuk mengatasinya, Dr Atcheson menyarankan untuk melakukan hal tersebut di rumah seperti menyiram kebun, memasak, atau sekedar mengelilingi rumah.
 

2. Tetap menjaga diet sehat


Ketika berada di rumah, kamu mungkin akan tergoda untuk duduk di sofa tanpa melakukan hal apapun, mengonsumsi makanan yang tidak seimbang dan mengonsumsi camilan sepanjang hari untuk menghibur diri.

Emma Carrington, manajer informasi dan saran di Mental Health UK, mengatakan usahakan untuk tetap memilih makanan yang sehat. Jika kamu tidak mau membeli makanan sehat, bisa dengan membuatnya sendiri dengan menggunakan layanan delivery.
 

3. Tetap bersahabat dengan alam


Stephen Buckley, kepala informasi dari Mind menyarankan untuk tetap bersentuhan dengan alam dan berolahraga dalam batasan. Kesehatan fisik dan kesehatan mental merupakan hal yang saling berkaitan, jadi cobalah melakukan rutinitas yang mencakup latihan fisik.

"Meskipun kamu tidak dapat menghabiskan waktu bersama orang lain, kamu tetap bisa memanfaatkan ruangan yang ada di luar rumah, seperti taman atau balkon karena berada di alam dapat membantu kesejahteraan mental kita," katanya.
 

4. Jangan hanya duduk di depan komputer


Duduk berlama-lama di depan komputer atau laptop, entah untuk bekerja atau menghibur diri sendiri bukanlah cara yang baik untuk menghabiskan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi, cahaya biru dari alat elektronik seperti smartphone dapat mengganggu tidur dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Anxiety UK, sebuah yayasan amal yang membantu orang yang menderita kecemasan menyarankan untuk melakukan daftar kegiatan yang bervariasi ketika melakukan isolasi mandiri.
(FIR)

MOST SEARCH