FITNESS & HEALTH

Vaksin Bukan Cara Utama Melawan Covid-19

Kumara Anggita
Selasa 20 Oktober 2020 / 06:06
Jakarta: Mungkin beberapa orang merasa lega setelah mendengar vaksin akan turun sebentar lagi. Namun, perlu diketahui bahwa vaksin saja tidak cukup untuk melawan masalah covid-19.

“Kita harus memahami bahwa vaksinasi ini bukan lini pertama di dalam penanggulangan penyakit pandemi covid 19 ini,” ujar Dirjen P2P, dr. Achmad Yurianto dalam Press Conference Kementrian Kesehatan.

“Kita sangat berharap vaksinasi memberikan perlindungan terhadap jatuh sakit terhadap kondisi kemudian menjadi sakit tetapi tidak melindungi paparan, tidak melindungi terkena virusnya,” katanya.

Yurianto terus mengingatkan bahwa dibutuhkan kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan 3M. Yaitu mencuci tangan, memakasi masker, dan menjaga jarak.

“Vaksin ditujukan untuk memberikan kekebalan agar pada saat kita terpapar virusnya, kita tidak jadi sakit. Jadi mencegah untuk menjadi terpapar virus adalah lni kedua tetapi tidak membebaskan kita dari kemungkinan terpapar,” jelasnya.

“Perlu dipahami betul oleh seluruh masyarakat bawah, sekalipun telah divaksin maka menjaga agar tidak terpapar dengan tetap menggunakan masker, karena kalau tidak, maka mungkin di dalam tubuh kita akan kebal terhadap penyakit ini. Tetapi kita masih bisa terpapar virus yang menjadi permasalahan,” jelasnya.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)

MOST SEARCH