FITNESS & HEALTH

Positif Covid-19? Ini Cara Tebus Obat Sendiri

Yatin Suleha
Senin 07 November 2022 / 11:05
Jakarta: Jika kamu sedang positif covid-19, saat ini kamu bisa memanfaatkan layanan telemedisin Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) untuk menebus obat sendiri ke Apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan oleh sistem.

Tebus obat bisa dilakukan dengan layanan ojek online dan atau wali pasien dengan keadaan sehat untuk mengambil paket obat dengan biaya pengiriman yang ditanggung sendiri oleh pasien.

"Dengan layanan telemedisin ini semua pasien covid-19 konfirmasi positif mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa perlu antre di RS. Dengan demikian layanan rumah sakit dapat diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat," ujar Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI dalam laman resmi Kemenkes.
 

Berikut ini langkah panduan layanan telemedisin:

 

1. Tes PCR atau Antigen


Pasien melakukan tes PCR atau antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Jika hasil tes positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif covid-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima WhatsApp dari Kemenkes (dengan centang hijau) secara otomatis atau mendapatkan status 'Pasien memenuhi syarat untuk menebus resep' di web ISOMAN.

Catatan: Data ini wajib dilaporkan setiap lab penyedia layanan test covid-19 ke Kemenkes.
 

2. Pasien dengan domisili tertentu


Untuk sementara, program ini hanya berlaku untuk pasien dengan domisili dan/atau hasil pemeriksaan lab yang terafiliasi di area DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang Raya, Surakarta Raya, Kota Jogjakarta, Surabaya Raya, Malang Raya, Kota Denpasar, Nusa Dua, Medan, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Manado, Makassar.

Untuk memeriksa apakah pasien dapat menerima layanan GRATIS ini, silahkan masukkan NIK pasien dan tap tombol Periksa (ceklis) di bawah ini:

(Ada dalam laman berikut ini)
 

3. Pasien dengan NIK terdaftar


Pasien dengan NIK terdaftar bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara GRATIS di menu Konsultasi dan memasukkan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang kamu pilih.
 

4. Konsultasi dokter telemedisin


Lakukan konsultasi dokter telemedisin dengan menginformasikan kamu adalah pasien program Kemenkes. Dengan memberikan screenshot pesan WhatsApp dari Kemenkes atau Status Cek NIK dari web ISOMAN.
 

5. Resep digital


Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman atau LAYAK ISOMAN, maka pasien dengan NIK terdaftar akan mendapatkan Paket Obat dengan jenis obat sesuai ketentuan.
 

6. Mengisi formulir pesanan 


Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien dengan NIK terdaftar mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, melengkapi alamat pengiriman, dan memberikan persetujuan Syarat dan Ketentuan Paket Obat.
 

7. Informasi paket obat


Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai ketentuan dengan informasi Paket Obat sebagai berikut:


(Informasi Paket A (OTG) dan Paket B (Ringan). Foto: Dok. Kemenkes)
 

8. Tebus resep


Kemenkes bekerja sama dengan Apotek Kimia Farma untuk proses Tebus Resep dan dengan jasa pengiriman Reguler (max 2 hari) dari SiCepat untuk pengiriman paket obat langsung ke alamat pasien secara GRATIS.
 

9. Pilih jasa pengiriman


Pasien bisa memilih jasa pengiriman Pick Up atau Ambil Sendiri langsung ke Apotek Kimia Farma yang ditentukan sistem. Setiap pengambilan akan diberikan Kode Paket yang dikirimkan langsung melalui WA konfirmasi tebus resep ke nomor pasien. 

Silahkan menggunakan layanan ojek online dan atau wali pasien dengan keadaan sehat untuk mengambil paket dengan biaya yang ditanggung sendiri oleh Pasien.
 

Syarat & Ketentuan:


1. Hanya pasien berusia minimal 18 tahun dengan NIK terdaftar dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan Paket Obat
2. Hanya pasien dengan NIK terdaftar yang dapat melakukan proses Tebus Resep
3. Apotek Kimia Farma berhak membatalkan Permintaan Tebus Resep jika resep tidak sesuai ketentuan
4. Biaya yang timbul dari jenis pengiriman Pick Up atau Ambil Sendiri ditanggung sendiri oleh Pasien
5. Pasien yang sedang ISOMAN tidak diperbolehkan mengambil sendiri Paket Obat ke Apotek Kimia Farma

Apabila NIK tidak terdaftar, hubungi Hotline Halo Kemenkes melalui nomor 1500-567 (Call) dan 081281562620 (SMS) atau WhatsApp Kemenkes di 081110500567.
(TIN)

MOST SEARCH