FITNESS & HEALTH

Inilah Pelaku 5 Terbesar dari Makanan yang Bisa Sebabkan Bau Badan

Mia Vale
Minggu 17 April 2022 / 11:00
Jakarta: Setiap tubuh memiliki aroma alami, sesuatu yang 100 persen seperti seharusnya. Meskipun merupakan normal untuk menutupi aroma alami dengan deodoran dan parfum.

Kemungkinan besar bahwa kecuali kamu baru saja selesai berolahraga dan berkeringat melalui pakaian, kamu benar-benar tidak mencium bau yang terlalu buruk.

Bila tetiba mencium bau diri sendiri dan secara naluriah mengernyitkan hidung, itu bisa jadi karena sesuatu yang kamu makan. Ada beberapa makanan—bahkan yang sehat—yang bisa menyebabkan bau badan. Tapi bukan berarti kamu harus menghindarinya sepenuhnya, loh. 

Tapi cukup menjadi perhatian lebih sehingga kamu bisa mengambil beberapa tindakan pencegahan ekstra. Seperti yang dinukil dari Well and Good, Jenny Beth Kroplin, RD, mengungkapkan lima makanan yang dapat menyebabkan bau badan.
 

Sayuran allium 


Merupakan jenis sayuran tertentu yang kaya akan senyawa yang mengandung sulfur. Yang paling  populer adalah bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan daun bawang. 

"Keluarga allium mengandung peningkatan kadar senyawa yang mengandung belerang yang dapat larut melalui pori-pori, aliran darah, dan urine kita, memberi kita bau mulut, dan bergabung dengan bakteri dalam keringat kita untuk bau badan yang tidak begitu menarik," ujar Kroplin. 

Yap, sayuran ini dapat memengaruhi bagaimana kamu mencium bau kencingmu. Sekali lagi, fakta bahwa sayuran allium dapat mengubah cara kamu mencium bukan berarti tidak boleh menikmatinya. Usai mengonsumsinya, kamu bisa menyikat gigi atau oleskan sedikit deodoran ekstra.


makanan yang menyebabkan bau badan
(Beberapa penelitian menunjukkan dua bahan kimia alami yang ditemukan di asparagus, methanethiol dan S-methyl thioester, yang melalui proses pencernaan dapat membuat urine bau. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Asparagus 


Meskipun asparagus mungkin tidak membuat tubuh kamu bau seperti ketika makan sayuran allium, Kroplin mengatakan asparagus memiliki kesamaan dengan mereka. "Asparagus juga bisa memengaruhi bau kencing, karena dianggap sebagai diuretik alami yang mendukung ginjal dan kandung kemih," tandasnya. Namun, tidak sekua orang yang makan asparagus akan mengalami efek samping ini.  
 

Sayuran silangan 


Jika kamu baru-baru ini meningkatkan jumlah sayuran silangan dalam makanan (termasuk sayuran berdaun hijau, kembang kol, dan kubis Brussel), kamu mungkin memerhatikan perubahan bau badan. 
 

Jinten, cabai rawit, dan lobak 


Rempah-rempah yang menambahkan rasa pedas pada makanan ini menjadi alasan kuat kenapa mereka bisa membuat kamu berkeringat.

“Mengenakan deodoran yang dibuat tanpa aluminium dapat membantu menetralkan bau badan sekaligus menyerap keringat,” pungkas Keplin tentang cara mengatasi bau badan yang bisa ditimbulkan oleh rempah-rempah yang kuat. 
 

Daging merah 


Keplin mengatakan daging merah adalah makanan umum lainnya yang diketahui menyebabkan bau badan. Sementara alasan pasti mengapa tidak diketahui, satu penelitian ilmiah melihat apakah pemakan daging berbau lebih buruk daripada pemakan non-daging. 

(TIN)

MOST SEARCH