FITNESS & HEALTH

Wajarkah Kecemasan pada Ibu Hamil?

Raka Lestari
Kamis 08 Oktober 2020 / 12:30
Jakarta: Kecemasan merupakan sesuatu hal yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pada ibu hamil. Kecemasan pada ibu hamil ini, jika tidak ditangani secara serius dikhawatirkan dapat berdampak pada janin yang ada di dalam kandungannya. Akan tetapi, apakah kecemasan pada masa kehamilan merupakan sesuatu yang berbahaya?

“Kecemasan itu reaksi yang wajar pada setiap orang dan terajdi ketika kondisinya tidak biasa, baru, seperti kehamilan ini kan sesuatu yang tidak biasa,” ujar dr. Yassin Yanuar Mohammad, M.Sc, Sp. OG-KFER, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi di RS Pondok Indah-Pondok Indah.

Menurut dr. Yassin, kecemasan merupakan sesuatu yang wajar dan kecemasan ini merupakan sesuatu yang normal dan terkadang dibutuhkan. “Kecemasan ini bisa bersifat suportif, sehingga membuat seseorang melakukan pencegahan-pencegahan seperti melakukan pemeriksaan dan dalam level tertentu bisa bersifat protektif,” ujarnya dalam Webinar Media Discussion “Antenatal Care pada Masa New Normal, Apa yang Harus Diperhatikan?” Rabu, 7 Oktober 2020.

“Untuk mengatasi kecemasan tersebut, ada baiknya ibu hamil melakukan komunikasi yang baik dengan layanan kesehatan seperti dokter atau bidan. Melalui antenatal care kan akan ada diskusi, mengobrol, mengatasi kekhawatiran dan kecemasan yang timbul pada masa kehamilan,” ujar dr. Yassin. 

Dengan begitu, menurut dr. Yassin dokter atau bisa bisa mengetahui kesehatan mental pada ibu hamil. “Kita juga bisa memperkirakan apakah ibu hamil ini ada gangguan mental atau tidak. Dari cara bicara tentunya bisa diketahui ya, bagaimana ibu hamil mengobrol dengan dokter atau bidannya tersebut,” kata dr. Yassin. 

“Dan sekarang pun sudah banyak pasien yang lebih terbuka, sehingga jika mereka ada kondisi yang berkaitan dengan kesehatan mental akan dibicarakan dengan dokter atau bidannya. Dan itu merupakan hal yang lazim dibicarakan,” ujar dr. Yassin. 

Untuk menangani kecemasan atau gangguan mental lainnya pada ibu hamil, menurut dr. Yassin biasanya dari layanan kesehatan akan mengamati apa saja yang dapat membuat ibu hamil merasa nyaman, dan untuk mengatasi kecemasan agar berkurang, serta support system dari ibu hamil tersebut bagaimana.
(YDH)

MOST SEARCH