FITNESS & HEALTH

Penyebab Minum Kopi Kembung dan Cara Mengatasinya

Raka Lestari
Senin 09 November 2020 / 14:19
Jakarta:  Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Tidak hanya dapat membuat kamu menjadi lebih bersemangat, tetapi juga dapat berpotensi menawarkan manfaat lainnya seperti meningkatkan mood, kesehatan mental,  bahkan menurunkan penyakit jantung dan Alzheimer. Akan tetapi, beberapa orang merasakan bahwa minum kopi dapat membuat perut menjadi kembung.

Dikutip dari Healthline, kopi mengandung beberapa senyawa yang berpotensi dapat membuat perut tidak nyaman seperti berikut:
 

Kafein 


Kafein merupakan stimulant alami pada kopi yang dapat membuat seseorang terjaga. Meskipun begitu, beberapa penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan frekuensi dari kontraksi pada sistem pencernaan. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan produksi asam labung, yang dapat membuat perut kembung terutama pada mereka yang memiliki perut sensitif.
 

Zat asam 


Meskipun kafein sering dianggap sebagai penyebab masalah pada perut, studi juga menunjukkan bahwa zat asam pada kopi dapat memiliki efek yang sama. Kopi mengandung banyak asam, seperti asam klorogenat dan N-alkanoyl-5-hydroxytryptamide, yang terbukti dapat meningkatkan produksi asam lambung.
 

Zat tambahan lainnya


Pada beberapa kasus, bukan kopi yang membuat perut kembung. Beberapa zat tambahan lain seperti susu, krimer, pemanis tambahan, atau gula dapat membuat perut kembung, kram, atau bahkan diare sesaat setelah mengonsumsi kopi yang diberikan zat tambahan tersebut.
 

Tips untuk mencegah perut kembung saat minum kopi 


Jika kamu menemukan bahwa kopi dapat membuat perut kembung, usahakanlah untuk minum kopi secara perlahan agar lebih nyaman bagi perut. Selain itu, hindari minum kopi pada saat perut kosong. Kopi mengandung asam, sehingga meminumnya setelah makan dapat membuat perut lebih nyaman.

Terlebih lagi, jika kamu menyukai kopi yang ditambahkan susu tetapi mengalami intoleransi laktosa maka sebaiknya mengganti susu dengan susu berbasis nabati seperti susu kacang kedelai atau almond untuk menghindari perut kembung dan tidak nyaman.
(YDH)

MOST SEARCH