FITNESS & HEALTH

Manfaat Merek Berlogo Halal, Baik Dikonsumsi dan Bikin Masyarakat tak ragu

Medcom
Sabtu 25 Januari 2025 / 13:15
Sukabumi: Berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy Report (SGIER) 2023/2024 yang dirilis oleh Dinar Standard, konsumsi masyarakat Muslim dunia terus meningkat, mencakup berbagai sektor seperti pangan halal, obat-obatan, kosmetik, fesyen, perjalanan, dan media.

Data dari Pew Research Center memprediksi bahwa populasi Muslim dunia akan mencapai 2,2 miliar jiwa atau 26,5 persen dari total populasi global. Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar kedua di dunia, memiliki jumlah penduduk Muslim mencapai 241,7 juta jiwa. Dengan potensi yang besar ini, peluang pasar domestik dan internasional untuk produk halal semakin terbuka lebar dan menjanjikan.

Saat berkunjung ke pabrik Aqua di Mekarsari Sukabumi, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Dr. Ir. Ahmad Haikal Hasan, Skom, MMT, mengapresiasi berbagai inisiatif Aqua dalam menjalankan keseluruhan proses produksi yang halal. Sekaligus memberdayakan dan menghadirkan dampak positif melalui berbagai program pemberdayaan yang mampu mendorong pengembangan kapasitas para pelaku UMKM, termasuk pendampingan UMKM untuk memenuhi kapasitas halal.

"Saya melihat bahwa Aqua bukan sekadar halal tetapi juga thayyib, karena telah konsisten mengalirkan kebaikan bersama Indonesia. Merek dengan logo halal tentunya baik untuk untuk dikonsumsi dan masyarakat tidak perlu ragu," ujar Haikal dalam keterangan pers.

Baca juga: Jusuf Kalla Sebut Kesejahteraan Umat Dimulai dari Masjid

"Kami juga mengapresiasi usaha yang telah dilakukan Aqua dalam pendampingan UMKM binaannya untuk mendapatkan sertifikat halal. Melihat potensi yang besar dari pasar domestik dan internasional, dengan total 66 juta pengusaha di Indonesia, kepatuhan pelaku UMKM untuk menjalankan proses produksi yang tertib halal, tentu akan meningkatkan daya saing produksi dalam negeri di kancah ekonomi global," sambungnya.

Sementara itu, Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia mengatakan, Aqua juga telah secara konsisten menghadirkan produk yang tidak hanya memperhatikan aspek kualitas dan keamanan produk tetapi juga aspek kehalalan,

"Dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut, Aqua menjadikan kehalalan sebagai nilai utama yang melekat dalam setiap tahapan proses kami. Kami terus berupaya menjaga transparansi, inovasi, dan kepatuhan terhadap regulasi halal untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ungkap Vera.

Pada kesempatan tersebut, Haikal juga menyampaikan harapannya terkait industri halal di Indonesia. Jika seluruh perusahaan di Indonesia mau memfasilitasi dan membantu pembiayaan registrasi sertifikat halal, ia optimis, bahwa industri halal dapat menjadi salah satu pilar utama dalam memacu pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen, sesuai dengan yang dicanangkan oleh Presiden RI, Prabowo Subianto.

"Lebih lanjut, penguatan ekosistem industri halal, juga dipastikan akan mewujudkan pemerataan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, serta memperkuat posisi strategis Indonesia dalam perekonomian global" imbuh Haikal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH