FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Raka Lestari
Kamis 21 Oktober 2021 / 20:20
Jakarta: Minum air putih, baik itu air dingin atau ait hangat dapat membuat tubuh terhidrasi dan sehat. Akan tetapi, beberapa orang mengklaim bahwa minum air hangat dapat memberikan beberapa efek pada kesehatan.

Apa saja manfaat minum air hangat? Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah manfaat dari minum air hangat bagi tubuh:
 

1. Meredakan hidung yang tersumbat


Secangkir air hangat dapat menghasilkan uap. Dan memegang segelas air hangat sambil menghirup uapnya tersebut secara perlahan dapat membantu melonggarkan sumbatan yang terjadi pada hidung dan bahkan dapat mengurangi sakit kepala akibat sinusitis.
 

2. Dapat melancarkan penceraan 


Minum air memang dapat membantu pergerakan sistem pencernaan. Ketika air bergerak di perut dan saluran pencernaan, tubuh memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membuang kotoran. Dan beberapa orang percaya bahwa minum air hangat secara khusus dapat secara efektif mengaktifkan sistem pencernaan.
 

manfaat minum air hangat
(Menurut Ayurveda dan pengobatan Cina kuno minum segelas air hangat di pagi hari dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang membantu menghindari gangguan pencernaan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 

 

3. Dapat meredakan sembelit


Dehidrasi merupakan penyebab paling umum dari sembelit. Pada banyak kasus, minum air yang cukup bisa menjadi cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah terjadinya sembelit. Mempertahankan hidrasi tubuh dapat membuat kotoran menjadi lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.
 

4. Meningkatkan sirkulasi darah 


Sirkulasi darah yang sehat dapat memiliki dapat terhadap kesehatan, mulai dari tekanan darah sampai risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular. Mandi air hangat dapat membantu sirkulasi darah pada arteri dan pembuluh darah melebar dan membawa lebih banyak darah secara efektif ke seluruh tubuh. Minum air hangat pun memiliki efek yang sama seperti mandi air hangat.
 

5. Mengurangi tingkat stres 


Minum air hangat dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, yang dapat mengurangi perasaan cemas ketika meminumnya. Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2014, tidak cukup minum air dapat menyebabkan berkurangnya perasaan tenang, dan emosi positif.
(TIN)

MOST SEARCH