FITNESS & HEALTH

Jaga Kesehatan Mulut untuk Menghindari Diabetes

Kumara Anggita
Rabu 14 Oktober 2020 / 13:04
Jakarta: Selain mengontrol makan dan berolahraga, menjaga kesehatan mulut ternyata juga bisa membantu kamu menghindari penyakit diabetes. Kira-kira apa hubungannya ya?

Dikutip dari WebMD, penelitian baru menemukan bahwa orang yang rutin menyikat gigi tiga kali sehari mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Studi tersebut juga menemukan bahwa orang yang memiliki penyakit gigi atau mengalami banyak gigi tanggal memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi masalah gula darah.

"Studi kami menunjukkan bahwa kebersihan mulut yang lebih baik mungkin terkait dengan penurunan risiko diabetes yang baru muncul," kata penulis studi Dr. Yoonkyung Chang. Dia adalah asisten profesor klinis neurologi di Ewha Woman's University Mokdong Hospital, di Korea Selatan.

Chang mengatakan para peneliti tidak tahu apa mekanisme sebenarnya di balik hubungan ini, tetapi ada sejumlah kemungkinan bahwa kesehatan gigi yang buruk dapat berkontribusi pada diabetes. “Kebersihan mulut yang buruk mungkin terkait dengan proses peradangan kronis, katanya.

Peradangan memengaruhi kesehatan mulut dan dapat menyebabkan penyakit gusi. Bakteri itu kemudian dapat masuk ke sirkulasi tubuh dan memicu respons sistem kekebalan, yang mungkin mengganggu kontrol gula darah.

Tetapi sulit untuk membuktikan hubungan sebab-akibat antara kesehatan gigi dan diabetes karena banyak faktor yang terlibat dalam kesehatan mulut yang buruk juga terkait dengan diabetes tipe 2.

Diabetes buat kesehatan gigi buruk

Ahli endokrinologi Dr. Akankasha Goyal, dari NYU Langone Health di New York City kemudian menambahkan perspektifnya dalam temua ini. "Kami tidak tahu apakah kesehatan gigi yang buruk dapat menyebabkan diabetes, tetapi yang kami tahu sebaliknya yaitu diabetes dapat menyebabkan kesehatan gigi yang buruk," katanya.

Kadar gula darah yang lebih tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan gigi berlubang dan kesehatan gigi yang buruk.  Selain itu, dia mengatakan banyak faktor makanan yang sama seperti penderita cenderung makan karbohidrat olahan dan sebagainya. Sulit untuk mengetahui penyebab aslinya.

Menjaga kesehatan mulut mengurangi risiko penyakit diabetes

Banyak hal yang ditemukan dalam penelitian tersebut dan salah satu temuan yang perlu kamu ketahui adalah menyikat gigi dapat membantu kamu untuk mengurangi risiko diabetes.  Orang yang menyikat gigi tiga kali atau lebih dalam sehari memiliki risiko diabetes 8% lebih rendah.
(YDH)

MOST SEARCH