FITNESS & HEALTH

MSG Bantu Kurangi Konsumsi Garam?

Sunnaholomi Halakrispen
Sabtu 24 Oktober 2020 / 11:04
Jakarta: Garam mengandung sodium. Jika Kamu ingin mengurangi konsumsi sodium, kurangilah mengonsumsi garam. Namun, bisakah MSG (monosodium glutamat) membantu konsumsi garam berlebih?

Dikutip dari Very Well Fit, dalam studi yang diterbitkan Journal of Food Science, mengamati perbedaan preferensi rasa di antara makanan berbumbu yang bervariasi. Diungkapkan bahwa MSG mungkin merupakan pilihan tepat yang membantu mengurangi kandungan natrium dalam resep masakan.

Studi tersebut menyajikan 163 orang dengan tiga versi dari empat hidangan gurih yang lebih baik untuk Kamu. Subjek sayuran panggang uji rasa, mangkuk quinoa, saus yogurt gurih, dan nasi goreng kembang kol babi.

Masing-masing dengan tiga tingkat garam, yakni garam normal, garam rendah, dan garam rendah dengan MSG. Menggunakan skala preferensi rasa sembilan poin, pencicip menilai olahan makanan berdasarkan karakteristik seperti rasa di mulut, penampilan, rasa asin, dan kemungkinan mereka untuk memesannya dari menu. 

Untuk setiap hidangan, mereka secara konsisten menyukai resep MSG sama banyaknya atau lebih dari resep standar (dan lebih baik daripada resep rendah natrium). Bagi kebanyakan orang dari yang diteliti, MSG merupakan cara yang efektif untuk membumbui makanan sekaligus mengurangi natrium.

Menariknya, penelitian ini bukanlah yang pertama menyoroti potensi MSG sebagai penambah rasa pengurang natrium. Pada tahun 1984, jurnal yang sama menerbitkan penelitian tentang efek MSG dalam sup.

Para peneliti menemukan bahwa semakin banyak MSG dalam sup bening, semakin sedikit garam yang dibutuhkan. Hal ini pun untuk memberinya rasa yang menarik di lidah.

Sejak itu, terbukti adanya penelitian tambahan tentang sosis yang dimasak dan keju mozarella. Hasilnya, ada tingkat penerimaan sensorik yang tinggi terhadap makanan yang menggunakan MSG sebagai pengganti garam. 

Dengan kata lain, MSG tampaknya meniru atau meningkatkan rasa garam, tanpa menghilangkan rasa makanan gurih yang disukai kebanyakan orang. Lalu, bagaimana cara menggunakan MSG saat memasak?

MSG lurus bisa ditambahkan ke makanan saat Kamu ingin menambahkan lebih dari rasa gurih dan umami. Akan tetapi, Kamu pun bisa menggunakan bahan alami yang tinggi umami, seperti tomat, keju parmesan, miso, dan lainnya.

Dalam resep yang lebih kompleks yang membutuhkan garam, Kamu mungkin akan lebih mendapatkan hasil lezat dengan hanya mengganti MSG dengan garam. Anda cukup membuat campuran 50:50 untuk garam dan MSG. 

Campuran garam MSG tersebut, atau bumbu umami buatan sendiri, memiliki natrium hampir 40 persen lebih sedikit daripada garam yang digunakan sendiri. Tambahkan campuran garam MSG Kamu selama memasak dan bukan sebagai hiasan akhir (agar takarannya tidak berlebihan).
(YDH)

MOST SEARCH