FITNESS & HEALTH

Terapi buat Kamu yang Suka Marah-marah

Kumara Anggita
Selasa 10 November 2020 / 06:00
Jakarta: Marah adalah emosi yang wajar hadir. Namun, bagi sebagian orang, kemarahan datangnya berlebihan sampai tidak bisa terkendali lagi.

Bila kamu adalah salah satu orang yang memiliki masalah ini, mungkin kamu bisa mencoba terapi seperti dilansir Healthline berikut ini:
 

1. Cognitive behavioral therapy (CBT)


CBT adalah teknik psikoterapi yang digunakan dalam berbagai program perawatan kesehatan mental. Teknik ini dapat membantu kamu mengenali apa yang memicu amarahmu dan mengidentifikasi bagaimana kamu biasanya menanggapi pemicu tersebut.

Jenis terapi ini juga dapat membantu dalam mengatasi amarah yang disebabkan oleh trauma emosional. Terapis kamu nantinya akan membantu kamu mengidentifikasi tujuan dan hasil pribadi, sehingga kamu dapat secara bertahap mengubah pikiran dan perilaku kamu.
 

2. Terapi psikodinamik


Jika kamu merasa amarahmu menguasai hidup kamu dan memengaruhi orang lain di sekitar, terapis mungkin bakal merekomendasikan teknik yang disebut terapi psikodinamik.

Jenis terapi ini lebih difokuskan pada refleksi diri. Ini bekerja untuk mengungkapkan motivasi bawah sadar kamu untuk meredakan ketegangan batin.

Kamu juga dapat belajar cara mengekspresikan kemarahan dengan cara yang tidak memengaruhi teman, keluarga, dan rekan kerja kamu dengan ini.
 

3. Kelompok terapi


Kemarahan kronis dapat memengaruhi harga diri kamu dan membuatmu merasa bersalah dan terisolasi. Dalam kasus seperti itu, terapi kelompok dapat membantu.

Dipimpin oleh seorang profesional, sesi ini memungkinkan peserta untuk berkumpul secara teratur, seperti mingguan atau bulanan.

Keuntungan dari terapi kelompok adalah kamu mungkin tidak akan merasa sendirian selama menjalani perawatan. Mendengar tentang strategi mengatasi orang lain juga dapat membantu masalahmu sendiri.
 

4. Terapi bermain


Terapi bermain adalah bentuk psikoterapi yang dirancang khusus untuk anak kecil. Selama sesi ini, terapis berlisensi akan menggunakan bentuk permainan kreatif untuk membantu anak mengekspresikan perasaan dan pikiran mereka. Bermain di sini mungkin termasuk menggunakan boneka, kotak pasir, seni, musik, dan banyak lagi.

Tujuan terapi bermain adalah membantu anak-anak belajar bagaimana menghadapi tantangan sekaligus meningkatkan harga diri. Dalam mempertimbangkan pengobatan amarah, terapi bermain dapat membantu anak mengarahkan emosi mereka dengan cara yang lebih konstruktif.
(FIR)

MOST SEARCH