FITNESS & HEALTH

Studi CDC Temukan OTG Sebarkan 60 Persen Kasus Covid-19

Kumara Anggita
Selasa 12 Januari 2021 / 15:44
Jakarta: Masalah covid-19 belum usai hingga saat ini. Studi CDC menemukan OTG menyebarkan 60 persen kasus covid-19.

Dikutip dari NBC Boston, sebuah model baru dari peneliti Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa hampir 60 persen penularan virus korona berasal dari orang-orang tanpa gejala (OTG).

Dan para ahli percaya ini menambah peningkatan dalam kasus-kasus yang terlihat di seluruh negeri. Model yang dipublikasikan pada hari Kamis di JAMA Network Open, menilai penyebaran virus oleh individu terbagi menjadi orang tidak bergejala, tanpa gejala, dan bergejala. 

Mereka menemukan 59 persen penularan oleh orang tanpa gejala lebih lanjut, 35 persen dari semua kasus baru berasal dari orang yang menulari orang lain sebelum mereka menunjukkan gejala, dan 24 persen dari orang yang tidak pernah mengembangkan gejala sama sekali.

Studi tersebut menunjukkan bahwa banyak orang tidak akan tahu bahwa mereka menular berdasarkan gejalanya, yang mungkin mendorong mereka untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan rasa aman, tetapi aman yang palsu. 

Dan itu menunjukkan orang-orang kemungkinan besar tertular virus dari seseorang yang tampak sehat. Menanggapi hal ini, Dr John Torres meminta kita untuk tetap waspada. 

“Temuan ini menunjukkan bahwa hanya mengidentifikasi dan mengisolasi orang yang memiliki gejala tidak cukup untuk mengendalikan penyebaran virus korona yang sedang berlangsung. Tidak semua kasus tersangkut,” katanya.

Beberapa ahli berpendapat bahwa model tersebut tidak memperhitungkan lingkungan tempat penyebaran terjadi, atau data tentang bagaimana vaksin berdampak pada infeksi tanpa gejala.

Namun, para ahli mengatakan bahwa sangat penting untuk terus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (mematuhi protokol kesehatan).
(TIN)

MOST SEARCH