FITNESS & HEALTH

CDC Pastikan Covid-19 Bisa Menular lewat Udara

Raka Lestari
Rabu 07 Oktober 2020 / 06:08
Jakarta: Setelah melakukan berbagai penilaian, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) kembali mengonfirmasi bahwa virus yang dapat menyebabkan covid-19 dapat ditularkan melalui transmisi udara.

Virus masih bisa menyebar sekalipun seseorang berada dalam jarak lebih dari dua meter dari orang yang terinfeksi. Hal ini mengingatkan akan pentingnya penggunaan masker dan ventilasi yang baik saat berkumpul di dalam ruangan.

Meskipun penularan Covid-19 melalui udara bukanlah cara yang utama dalam penyebaran virus, tetapi CDC mengakui bahwa hal itu mungkin saja terjadi terutama di dalam ruangan dengan ventilasi yang buruk. Informasi ini juga sudah diumumkan di situs resmi CDC, meskipun sebelumnya CDC menghapus informasi tersebut.

Dilansir dari ABC News, direktur CDC Robert Redfield dan pejabat CDC lainnya memberikan penjelasan informasi mengenai penyebaran Covid-19 yang dihapus. Menurut mereka, informasi tersebut diposting secara tidak sengaja sebelum melakukan proses peninjauan ilmiah secara lengkap yang merupakan terjadi karena kesalahan internal dari CDC.

Robert Schooley, seorang spesialis penyakit menular di University of California, San Diego, mengatakan dengan adanya temuan ini membuat semua orang harus menyadari lagi, akan pentingnya penggunaan masker ketika berada di satu ruangan dengan orang lain yang tidak serumah.

“Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk berbicara tentang melakukan jaga jarak sosial yaitu sekitar 2 meter. Dan, kami juga menyarankan orang-orang untuk menggunakan masker jika mereka tidak bisa melakukan jaga jarak sosial untuk menghindari penyebaran virus melalui udara,” ujar Schooley.

Dalam sebuah surat yang diterbitkan oleh jurnal Science, yang terdiri dari 6 ahli dari berbagai universitas di seluruh dunia juga mengatakan bahwa, cara paling penting untuk mencegah penyebaran virus melalui udara adalah memberitahukan kepada semua orang untuk berkumpul di luar rumah, jika memang diharuskan atau dengan meningkatkan sistem ventilasi udara agar lebih baik dan membukanya.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)

MOST SEARCH