FITNESS & HEALTH

3 Berita Terpopuler Gaya: 'Mata Rusak' Katy Perry Hingga Akses Terjangkau Pasien Kanker Payudara

Yatin Suleha
Senin 31 Oktober 2022 / 06:05
Jakarta: Katy Perry sempat membuat heboh dengan matanya yang sulit menutup sebelah. Awalnya banyak orang mengira bahwa itu merupakan kondisi medis. Nyatanya, Katy menerangkan bahwa hal itu hanya gimik semata dalam pertunjukan yang ia berikan.

Jadi apa itu mata menutup sebelah? Hal itu disebut dengan ptosis atau kelopak mata turun di mana kelopak mata atas terkulai ke bawah. 

Alasan mengapa kelopak mata bisa terkulai termasuk genetika atau kerusakan mata, dan kondisi ini lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. 

Melansir dari News Medical Today, perawatan mungkin tidak diperlukan dalam kasus di mana tidak ada dampak pada penglihatan. Namun, kelopak mata yang turun dapat menutupi pupil dan mengurangi penglihatan dalam beberapa kasus. 

Ptosis dapat hadir saat lahir, tetapi orang juga dapat mendapatkannya di kemudian hari karena cedera atau peregangan otot atau ligamen kelopak mata, kerusakan pada saraf yang mengontrol otot kelopak mata, atau komplikasi operasi mata. Berikut ini, Medcom.id/gaya merangkum berita menarik yang terjadi sepanjang Minggu, 30 Oktober 2022:
 

1. 'Mata Rusak' Katy Perry, Apa Sih Itu?


Belakangan ini beredar di media sosial video di mana ketika konser, mata kanan Katy Perry secara tiba-tiba tertutup. Ia pun berusaha untuk menekan pelipis matanya sebagai usaha membuka mata kanannya.

Sontak saja kejadian ini menjadi pertanyaan para warganet. Seperti yang dikemukakan akun Instagram @kaskusnetwork, ada kemungkinan penyanyi Roar tersebut mengalami sudden ptosis di mana salah satu kelopak matanya lumpuh mendadak. 

Namun Katy Perry akhirnya menyakatan bahwa kondisi matanya tersebut hanyalah sebuah aksi panggung agar penampilannya selama di Las Vegas menyenangkan.



Selengkapnya klik di sini
 

2. Bolehkah Pakai Sabun Mandi untuk Muka?


Tanpa pembersihan yang baik, semua kotoran, minyak, dan kotoran lainnya dapat menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, berjerawat, serta penuaan kulit. Dan cuci muka merupakan bagian dari perawatan kulit yang dapat membuat wajah menjadi lebih bersih dan bebas dari masalah.

Namun begitu, banyak orang yang masih bingung dalam hal pemilihan sabun. Pasalnya masih ada yang menganggap sabun batangan sebagai pembersih wajah. 

Padahal pemilihan sabun cuci muka dan handuk atau alat yang digunakan untuk mengeringkan kulit juga berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan wajah. Nah, jadi apakah sabun batang bisa membersihkan wajah kamu? Ini penjelasan dari Healthline.



Selengkapnya klik di sini
 

3. Upaya Memberikan Akses Terjangkau untuk Pasien Kanker Payudara


Bulan Oktober biasa diperingati sebagai bulan Kesadaran Kanker Payudara. Saat ini, menurut data Globocan dan Kementerian Kesehatan, Indonesia mencatat lebih dari 390 ribu kasus kanker baru di tahun 2020 dan sekitar 17 persen di antaranya adalah kasus kanker payudara.

Tingginya angka kanker payudara di Indonesia membuat Siloam Hospitals Group tergerak membangun Breast Cancer Clinic Alliance (BCCA) di MRCCC (Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre). Klinik ini dibangun untuk memberikan akses yang lebih terjangkau untuk para pasien yang mencari perawatan kanker payudara.

MRCCC yang didirikan pada tahun 2011 memang memiliki visi menjadi rumah harapan untuk semua pasien kanker di Indonesia. Tak heran, klinik inimenyediakan layanan komprehensif seputar penanganan kanker payudara mulai dari tim dokter multidisiplin, layanan kedokteran nuklir, onkologi radiasi, klinik paliatif, serta tumor board discussions.



Selengkapnya klik di sini
(TIN)

MOST SEARCH