FITNESS & HEALTH

Cara Mengatasi Stres Akibat Covid-19 untuk Anak Usia 4-7 Tahun

Kumara Anggita
Sabtu 24 Oktober 2020 / 07:06
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat orang dewasa maupun anak-anak mengalami stres. Namun, stres ini direspons berbeda sesuai dengan usianya.

Dikutip dari Healthline, mengatasi stres ini juga tidak bisa disamakan begitu saja. Untuk anak usia 4-7 tahun, ternyata ada caranya sendiri.

Ellen O’Donnell, PhD, seorang psikolog anak di MassGeneral for Children menjelaskan bahwa, anak-anak sekolah dasar kemungkinan besar menunjukkan tanda-tanda kemunduran sekarang.

“Dalam usia empat tahun, kamu mungkin melihat apa yang kamu lihat pada usia dua tahun. Kamu bahkan mungkin melihat (anak) mengompol," kata Psikolog klinis dan perkembangan Nancy S. Molitor, PhD.

"Kamu mungkin tidak mendapatkan perhatian penuh dari mereka. Mereka mungkin lebih takut dan cemas dari biasanya. Kamu mungkin melihat amukan amarah dan kecemasan akan perpisahan," sambungnya.

Tentu saja, semua anak berbeda. Dan jika anak kamu tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut, maka situasi bagus. Tetapi jika ya, penting untuk mengetahui bahwa ini bisa menjadi normal sekarang.
 

Cara mengatasinya


“Hal paling membantu yang dapat dilakukan orang tua adalah mengikuti jadwal atau rutinitas sebanyak mungkin. Sesuaikan dengan situasi sekarang dan ikuti apa yang membuat anak merasa lebih nyaman,” kata O'Donnell.

Jangan lupa juga untuk mengajarkan dan menerapkan 3M pada anak yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. O'Donnell di sini mengingatkan bahwa penerapan ini akan sulit mengingat anak-anak pada usia ini mungkin tidak mampu mengikuti aturan.

“Sayangnya, ini berarti keluarga dengan anak-anak yang sangat kecil mungkin perlu lebih terisolasi secara sosial daripada yang lain,” ujarnya.

“Mungkin tidak realistis untuk mengharapkan anak berusia 4 tahun untuk tidak bisa memeluk sepupunya (social distancing), “katanya.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)

MOST SEARCH