FITNESS & HEALTH

Ini Lho Manfaat Terapi Menyikat Kulit

Yuni Yuli Yanti
Rabu 06 Januari 2021 / 15:50
Jakarta: Beauty lovers, pernah dengar terapi menyikat kulit dengan sikat kering? Mungkin sebagian dari kita masih asing membersihkan kulit dengan sikat. Tetapi, nyatanya terapi menyikat kulit ini bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.

Melansir New Woman India, berikut tiga manfaat yang kamu dapatkan dari menyikat kulit, yakni: 
 

1. Kulit lebih lembut


Menyikat kering membantu melembutkan kulit. Sikat berbulu kuat membantu melonggarkan dan membuang sel kulit mati dengan mengelupas kulit dan membersihkan pori-pori.

Ini juga secara efektif menghilangkan minyak, kotoran, dan residu dari pori-pori yang lebih kecil. Gunakan kuas yang lebih lembut untuk membersihkan pori-pori di wajahmu ya.
 

2. Pengiriman limfatik


Saraf limfatik adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari kelenjar getah bening, saluran dan pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Menyikat tubuh dapat membantu merangsang saraf limfatik ini untuk bertindak dan mengirimkan darah ke seluruh tubuh.
 

3. Mengurangi selulit


Kebanyakan orang lebih menyukai sikat kayu dengan gagang panjang dan memiliki bulu yang kuat. Kamu dapat mencari set sikat penyikat kering dengan kualitas bulu berbeda tergantung pada wajah dan tubuhmu.

Mulailah dengan menyikat secara lembut dengan sedikit tekanan dan lanjutkan ke sikat yang lebih kencang dengan lebih banyak tekanan ketika kamu sudah mulai terbiasa.  

Menyikat kering biasanya dimulai dari gerakan tangan dan kaki ke arah jantung dalam upaya meningkatkan aliran darah. 

Sapukan tiap bagian hingga 10 kali ke atas dan ke arah tengah tubuh. Olesi perut dan ketiak dengan gerakan melingkar. Lakukan gerakan melingkar di punggung, perut, dan wajah.

Menyikat kering biasanya dilakukan sebelum mandi agar kamu bisa langsung mandi dan menghilangkan sel-sel kulit mati serta kotoran dari semua scrub tersebut. 

Selain itu, jangan terlalu banyak menyikat atau merusak kulit. Ini bisa berubah menjadi merah muda dengan aliran darah berlebih meski tidak melukai tubuh. Tapi ingat ya, jangan lakukan pada area kulit kamu yang sedang sakit, cedera, atau sensitif.
(TIN)

MOST SEARCH