FITNESS & HEALTH

Tips Mengolah Makanan Agar Tetap Higienis

MetroTV
Jumat 14 Januari 2022 / 14:33
Jakarta: Salah satu komponen penting sebelum menyajikan atau menyantap makanan adalah menjaga kebersihan atau kehigienisan. Tapi, Moms terkadang tak sadar jika cara masak mereka bisa mengundang kuman.

Nah, Gaya.id akan membagikan cara agar Moms bisa menyajikan makanan yang sehat sekaligus bersih. Berikut beberapa tips dalam mengolah makanan agar tetap higienis.

1. Gunakan chopping board

Pertama, gunakanlah chopping board atau talenan yang berbeda-beda saat mengolah makanan. Penggunaan chopping board berbeda warna untuk setiap makanan yang diolah akan memudahkan dalam menjaga kebersihan makanan. 

Misalnya, hijau untuk sayuran, kuning untuk daging, biru untuk seafood, dan sebagainya. Jika hanya memiliki satu chopping board, usahakan dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengolah jenis makanan yang lain.

Baca: Pentingnya Memilih Minyak Goreng untuk Memasak Demi Kesehatan

“Dalam chopping board ini, dari makanan yang akan kita olah, dikhawatirkan ada bakteri. Makanya harus dibersihkan sampai tuntas, baru menggunakan produk yang lain. Ini dilakukan agar proses pemotongannya tidak terkontaminasi satu dengan yang lainnya,” kata Hygiene Manager Grand Hyatt Jakarta, Martha Marpaung, dalam tayangan program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Jumat, 14 Januari 2022

2. Gunakan pisau berbeda

Tak hanya perihal chopping board, dalam penggunaan pisau juga harus dibedakan. Dalam mengolah makanan, tidak boleh pisau yang sama digunakan. 

"Pisau dapat mengontaminasi bahan makanan, sehingga harus dibedakan pula dalam penggunaanya," kata Martha. (Alifiah Nurul Rahmania)

(UWA)

MOST SEARCH