End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Sebelum Terlambat, 7 Cara Menjaga Kesehatan dan Mencegah Kanker

Mia Vale
Rabu 18 Januari 2023 / 08:00
Jakarta: Pola hidup yang baik dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan osteoporosis. Bahkan, perubahan sekecil apa pun dapat berdampak besar.

Jadi kendalikan kesehatanmu dan dorong keluarga tercinta untuk melakukan hal yang sama. Pilih satu atau dua perilaku di bawah untuk memulai. Setelah kamu menyelesaikannya, lanjutkan ke yang lain. Bukankah mencegah itu lebih baik dari mengobati?
 

Pertahankan berat badan ideal

Menjaga berat badan bisa sulit, tetapi cara ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk menurunkan risiko 13 jenis kanker. Beberapa tips sederhana dapat membantu. Pertama, jika  kelebihan berat badan, fokuslah untuk tidak menambah berat badan lagi. Ini dengan sendirinya memiliki manfaat nyata. 

Kemudian, saat kamu siap, cobalah untuk menurunkan berat badan ekstra untuk peningkatan kesehatan yang lebih besar. Salah satu caranya, konsumsi makanan seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian. Bisa juga pilih porsi yang lebih kecil, makan lebih lambat, dan batasi minuman manis.
 

Olahraga secara teratur

Meskipun sulit, penting untuk melakukan setidaknya 30 menit aktivitas setiap hari. Melansir dari Siteman Cancer Center, pilih aktivitas yang kamu sukai. Banyak hal yang dihitung sebagai olahraga, termasuk berjalan, berkebun, dan menari. Untuk memotivasi diri, lakukan olahraga bersama pasangan atau si kecil.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Setop merokok

Tembakau menyebabkan berbagai jenis kanker dan masalah serius lainnya. Jadi, tetap bebas tembakau. Ingat, berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk kesehatan. Sulit memang, tapi tetap terus dicoba.
 

Lakukan diet sehat 

Dasar-dasar makan sehat cukup sederhana. Berfokuslah pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Pun minimalkan daging merah dan daging olahan. Penting juga untuk mengurangi lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans). Mengonsumsi makanan sehat adalah yang terbaik, tetapi pertimbangkan multivitamin standar jika kamu sering kekurangan.
 

Batasi alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan enam jenis kanker. Dan hanya setengah hingga satu gelas sehari dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan usus besar. Meskipun minum dalam jumlah sedang mungkin baik untuk jantung pada orang dewasa yang lebih tua, tanpa alkohol adalah pilihan yang paling sehat secara keseluruhan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Lindungi diri dari sinar matahari

Meskipun sinar matahari yang hangat terasa nyaman, terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit, termasuk melanoma. Jika memungkinkan, jauhi sinar matahari langsung antara pukul 10.00 dan 16.00. Gunakan topi, kemeja lengan panjang, dan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi saat di luar ruangan.
 

Lakukan tes skrining

Ada sejumlah tes skrining penting yang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Beberapa dari tes ini menemukan kanker lebih awal sehingga lebih dapat diobati. Sementara, yang lain benar-benar dapat membantu mencegah kanker berkembang. Pastikan kanker dideteksi sedini mungkin. Skrining awal secara rutin sangat diperlukan, terutama bagi seseorang yang berisiko terkena kanker.

(yyy)

MOST SEARCH