FITNESS & HEALTH

3 Perawatan Kulit Ini Bikin Wajah Kamu Glowing

Kumara Anggita
Senin 11 Januari 2021 / 14:00
Jakarta: Bekas jerawat bukanlah hal yang ingin kamu pertahankan lama-lama di wajahmu. Ini bisa membuat penampilan kamu jadi tidak optimal apalagi bila jumlahnya banyak dan melebar.

Dikutip dari Harper Bazaar, cara terbaik untuk mencegah bekas jerawat yang muncul adalah dengan mengobati lesi jerawat segera setelah muncul. 

Kamu bisa memanfaatkan perawatan over-the-counter yang mengandung benzoyl peroxide dan asam salisilat adalah awal yang baik, tetapi jika jerawat berlanjut, tanyakan kepada dokter kulit tentang obat resep seperti retinol, aczone, atau spironolactone.

Gilly Munavalli, direktur medis dan pendiri Spesialis Dermatologi, Laser, dan Vena di Carolina suka mengobati jerawat dengan krim retinol dengan resep topikal untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan. 

Tak hanya itu, Munavalli juga menganjurkan kamu untuk mencuci wajah dengan sabun yang berbahan benzoyl peroxide topikal dengan kekuatan empat persen atau lebih tinggi untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.
 

Bisakah menghindari bekas jerawat dengan bahan-bahan yang ada di rumah?


Ya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah untuk mengurangi bekas jerawat. "Madu Manuka mentah bersifat antiinflamasi dan dapat membantu menenangkan jerawat aktif, yang dapat mencegah munculnya bekas hitam dan jaringan parut di masa mendatang," kata Dr Michele Farber dari Schweiger Dermatology Group di New York City.

"Ini juga telah terbukti memiliki efek antibakteri, tetapi tidak jelas dari bukti yang tersedia bahwa itu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat,” lanjutnya.

Namun, Farber menekankan kamu untuk tidak menghilangkan bahan-bahan tertentu hanya karena kamu tidak akan menemukannya di dapur. Kamu perlu juga asam glikolat.

"Ingatlah bahwa beberapa favorit dokter kulit sering kali berasal dari tebu atau asam buah. Asam glikolat, misalnya, memiliki asal 'alami dan menawarkan manfaat besar untuk pengelupasan kulit untuk menghaluskan permukaan dan mengurangi jaringan parut,” paparnya. Semoga dengan cara ini, bekas jerawatmu tidak tambah lagi ya.
(TIN)

MOST SEARCH