FITNESS & HEALTH

6 Cara Mengatasi Kelelahan Pasca Melahirkan

Sandra Odilifia
Rabu 24 Maret 2021 / 07:10
Jakarta: Kelelahan pasca persalinan merupakan dampak yang biasa ditimbulkan oleh para ibu setelah melahirkan. Merawat bayi baru lahir tanpa ada jeda juga dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental.

Kelelahan pasca persalinan bisa dipicu oleh kurang tidur, anemia, hipotiroidisme, depresi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proses persalinan. Melansir Times of India, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan pasca melahirkan:
 

1. Tidur dan istirahat yang cukup


Merawat bayi setelah melahirkan dapat sangat merugikan kesehatan fisik dan mental. Karena itu, sangat penting bagimu untuk beristirahat dan tidur yang cukup. Luangkan waktu untuk tidur siang setiap kali bayimu tidur atau istirahat saat kamu menyusui.
 

2. Makan yang sehat


Jangan kompromi dengan makanan yang kamu makan. Saat menjaga gizi bayi, kamu harus menjaga kesehatanmu dan menambahkan makanan bergizi ke dalam makananmu.
 

3. Terhidrasi


Minumlah air sebanyak yang kamu bisa. Ini akan membuatmu selalu segar dan relaks kembali.
 

4. Bagilah tanggung jawab bersama pasangan


Jangan membebani diri dengan semua pekerjaan. Bagikan tanggung jawab kamu merawat bayi dan pekerjaan rumah tangga dengan pasanganmu, secara setara.
 

5. Mintalah bantuan dari teman dan keluarga


Bersikaplah terbuka kepada teman dan keluargamu untuk mendapatkan bantuan dan nasihat tambahan. Selalu baik memiliki seseorang di masa-masa sulit seperti itu, bukan?
 

6. Cobalah aktivitas yang menenangkan diri


Manjakan diri dalam aktivitas menenangkan seperti yoga atau meditasi. Pertahankan lingkungan sekitar kamu sepositif mungkin.
(FIR)

MOST SEARCH