FITNESS & HEALTH

Manfaat Sauna untuk Kesehatan

Raka Lestari
Selasa 05 Januari 2021 / 14:45
Jakarta: Kegiatan sauna pertama kali dilakukan sekitar 10.000 tahun yang lalu di Finlandia. Faktanya, kata sauna berarti mandi atau pemandian dalam bahasa Finlandia. Pada masa kini, sauna sangat mudah ditemukan hampir di berbagai negara.

Para peneliti menemukan bahwa melakukan sauna dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan. Melansir Insider berikut manfaat kesehatan dari sauna:
 

1. Membuang racun


“Mandi sauna dapat menyebabkan keringat dan meningkatkan ekskresi berbagai racun termasuk logam berat, polutan organik yang persisten, BPA, penghambat api, ftalat, dan masih banyak lagi,” ujar James DiNicolantonio, PharmD, ilmuwan penelitian kardiovaskular.
 

2. Meningkatkan sistem kardiovaskular


Sebuah penelitian pada 2015 menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan sauna yang sering menyebabkan lebih sedikit kematian terkait kardiovaskular. Secara khusus, kematian akibat penyakit jantung koroner 27 persen lebih rendah dialami pria. Pria yang dimaksud adalah melakukan sauna dua hingga tiga kali per minggu

Sementara 50 persen lebih rendah untuk pria yang menggunakan sauna empat hingga tujuh kali seminggu, dibandingkan dengan pria yang menggunakan sauna sekali seminggu.
 

3. Meningkatkan ketahanan saat berolahraga


Sebuah studi kecil pada 2020 menyimpulkan bahwa sesi sauna yang dilakukan sehabis berolahraga selama 3 minggu meningkatkan daya tahan olahraga. Studi ini juga mendukung toleransi panas sebagai cara untuk meningkatkan kinerja olahraga dalam kondisi sedang.
 

4. Meningkatkan sistem imun


Tubuh kita meningkatkan produksi heat shock protein (HSPs) saat kita pergi ke sauna. HSP mencegah tubuh kita menjadi terlalu panas dan juga menstimulasi sistem kekebalan tubuh. HSP yang meningkat selama sauna telah menghasilkan banyak manfaat kesehatan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi sauna telah dikaitkan dengan risiko pneumonia, influenza, dan flu biasa yang lebih rendah," kata DiNicolantonio.
 

5. Mengurangi risiko Alzheimer dan demensia


Penggunaan sauna bahkan dapat membantu fungsi otak. Sebuah studi pada 2017 terhadap pria Finlandia berusia 42-60 tahun menyimpulkan bahwa, menggunakan sauna empat hingga tujuh kali seminggu mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer sebesar 65 – 66 persen.
 

6. Membuat tubuh lebih rileks


Salah satu mamnfaat sauna yang terkenal adalah manfaatnya dalam meningkatkan perasaan rileks. Dalam survei global pada 2019, 83,5 persen responden melaporkan manfaat tidur setelah penggunaan sauna satu hingga dua kali per minggu, serta peningkatan tingkat kesejahteraan mental.
(FIR)

MOST SEARCH