FITNESS & HEALTH

Libur segera Usai, Awas Kena Post Holiday Blues

A. Firdaus
Jumat 06 Mei 2022 / 17:47
Jakarta: Libur panjang Idulfitri 1443 H akan segera usai. Baik kamu yang mudik ke kampung halaman, atau hanya sekadar menikmati liburan di beberapa tempat wisata lokal, harus siap pada awal pekan mendatang, untuk melanjutkan rutinitasmu.

Melansir Halodoc, seseorang bisa saja mengalami kesulitan untuk kembali memulai aktivitas harian, menjadi malas, dan masih ingin bersenang-senang. Apakah kamu termasuk yang sering merasa demikian?

Hati-hati, bisa jadi perasaan 'sedih' meninggalkan masa liburan merupakan gejala Post Holiday Blues. Post Holiday Blues merupakan sindrom di mana otak masih belum menerima kehilangan hal-hal yang menyenangkan selama liburan. Pasalnya, otak manusia secara otomatis akan merekam hal-hal yang menyenangkan selama liburan dan merangsang otak untuk beristirahat.

Dengan kata lain, otak menjadi 'kaget' saat harus kembali menyesuaikan dan melakukan aktivitas harian. Gejala yang sering ditunjukkan sebagai tanda Post Holiday Blues, biasanya bersifat umum dan mirip dengan depresi pada umumnya.

Kondisi Post Holiday Blues bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, kesulitan tidur di malam hari alias insomnia, gelisah, hingga penambahan atau penurunan berat badan.



Mengatasi Gejala Post Holiday Blues


Untungnya, sindrom ini bukanlah kondisi yang harus dikhawatirkan secara berlebih. Gejala kondisi Post Holiday Blues biasanya tidak akan berlangsung lama, yaitu hanya pada minggu awal setelah liburan selesai. Meski demikian, durasi terjadinya sindrom ini bisa berbeda-beda antara satu orang dan yang lainnya.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala Post Holiday Blues, di antaranya:

1. Istirahat yang cukup

Salah satu yang membuatmu semakin parah usai liburan dalah kelelahan atau kurang istirahat. Makanya, kamu harus beristirahat dengan cukup atau kamu bisa menyempatkan waktu untuk bersantai di rumah setelah liburan. Minimal sisakan waktu untuk beristirahat selama sehari.

Intinya, jika kamu mudik atau liburan, sisakan waktu sehari agar bisa beristirahat. Setelah itu, kamu bisa merasakan kembali semangat bekerja.

2. Latihan pernapasan

Cara lain mengatasi gejala Post Holiday Blues adalah dengan latihan pernapasan. Dengan latihan ini, bisa membuat tubuhmu lebih tenang dan menghindari depresi. Untuk melakukannya, mulailah dengan menarik napas dalam-dalam dengan pernapasan perut, kemudian lepaskan napas panjang.

3. Makanan sehat

Kamu juga bisa meredam rasa sedih setelah liburan dengan makanan sehat. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang mengandung asam amino, seperti unggas, brokoli, susu, keju, daging rendah lemak, telur, dan kacang kedelai. Jenis makanan ini dapat memicu produksi serotonin yang bisa memberikan sensasi nyaman, tenang, dan rileks pada otak.

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Jenis makanan ini bisa membuat pikiran lebih tenang dan memberi rasa nyaman pada tubuh.

Sindrom ini juga bisa diatasi dengan meningkatkan konsumsi vitamin dan mineral. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium, zink, dan asam lemak omega bermanfaat untuk membangun protein, vitamin C, E, dan B kompleks, serta zat besi. Berbagai macam vitamin dan mineral ini yang mampu membuat tubuh lebih rileks dan stabil.
(FIR)

MOST SEARCH