FITNESS & HEALTH

Dialami Pevita Pearce, Ini Penyebab dan Cara Mudah Obati Sariawan

Muhammad Syahrul Ramadhan
Senin 23 Mei 2022 / 16:46
Jakarta: Aktris Pevita Pearce baru saja mengunggah foto dirinya sedang mengalami sariawan di bagian bibir di akun media sosial Instagram miliknya. Dalam caption unggahannya ia meminta saran dari netizen agar sariawannya itu lekas sembuh.

Gimana caranya biar cepet sembuh?” tulis Pevita seperti dikutip Medcom.id, Senin, 23 Mei 2022.

 Pevita Pearce sariawan(@pevpearce)
(Pevita Pearce sariawan Instagram @pevpearce)

Penyebab sariawan

Sebelum ke cara mengobati sariawan, terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya. Dikutip dari laman Halodoc, penyebab utama sariawan atau stomatitis, yakni adanya jamur candida albicans, yang memang berada di dalam mulut dalam jumlah yang kecil dan pertumbuhan yang tidak terkendali.

Selain itu, sariawan juga bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor lainnya, seperti cedera, infeksi, atau alergi. Adapun sariawan ini bisa muncul di mana saja di dalam mulut, termasuk di dalam pipi, gusi, lidah, langit-langit mulut, dan bibir seperti yang diderita Pevita Pearce.

Cara mengobati sariawan

Kebanyakan sariawan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, ada beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan mudah cukup menggunakan bahan-bahan alami. Bagaimana caranya? Yuk, simak tipsnya seperti dinukil dari Healthline:

1. Kumur dengan air garam

Pengobatan rumahan ini mudah dilakukan. Meskipun saat berkumur air garam akan menimbulkan rasa sakit, namun cara ini dapat mengeringkan sariawan.

Caranya, cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat. Lalu aduk larutan dan kumur-kumur di dalam mulut selama 5-30 detik. Lalu buang. Ulangi setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

2. Madu

Menurut sebuah studi tahun 2014, madu efektif dalam mengurangi nyeri sariawan, ukuran, dan kemerahan. Ini juga dapat membantu mencegah infeksi sekunder. Ini karena adanya kemampuan antibakteri dan anti-inflamasinya.

Cara menggunakannya, cukup oleskan madu ke bagian yang sakit empat kali sehari. Sebaoknya gunakan madu yang tidak dipasteurisasi dan tidak disaring, seperti madu Manuka di mana tetap  mempertahankan sifat penyembuhannya.

3. Obat kumur cuka sari apel

Cuka sari apel (ACV) disebut-sebut sebagai obat untuk hampir semua hal, termasuk sariawan. Diperkirakan asam dalam ACV membantu membunuh bakteri yang mengiritasi luka. Perawatan ini kontroversial, bagaimanapun, karena makanan asam dapat menyebabkan atau memperburuk sariawan pada beberapa orang.

Gunakan dengan hati-hati. Menggunakannya, campurkan satu sendok teh ACV dan satu cangkir air. Kumur selama 30-60 detik. Lalu buang dan bilas mulut sampai bersih. Ulangi setiap hari. Yang penting, berkumur setelah menggunakan ACV bisa mencegah kerusakan pada email gigi.

4. Yoghurt

Penyebab pasti sariawan tidak diketahui. Beberapa mungkin disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) atau penyakit radang usus. Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawanmu, makan yoghurt yang mengandung kultur probiotik hidup dapat membantu. Untuk membantu mencegah atau mengobati sariawan, makanlah setidaknya satu cangkir yoghurt setiap hari.

5. Minyak kelapa

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan antimikroba. Ini dapat menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mencegahnya menyebar. Minyak kelapa juga merupakan anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi kemerahan dan nyeri.

Rasanya juga enak! Untuk menggunakannya, oleskan minyak kelapa dengan ke bagian yang sakit. Terapkan kembali beberapa kali per hari sampai sariawan hilang.

Bicaralah dengan dokter jika kamu mengalami salah satu dari berikut ini:

- Lukanya lebih besar dari biasanya
- Memiliki banyak luka
- Luka baru terbentuk sebelum luka lama sembuh
- ?Luka tidak sembuh setelah dua minggu
- Lukanya menyebar ke bibir kamu
- Luka menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, sehingga mengganggu makan dan minum
- Demam

Demikian tadi cara mengobati sariawan. Apabila sobat Medcom mengalami sariawan seperti Pevita Pearce bisa mencoba cara tersebut.
(RUL)

MOST SEARCH