FITNESS & HEALTH

5 Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi

Raka Lestari
Sabtu 18 September 2021 / 08:14
Jakarta: Kembung menjadi gejala yang paling tidak disukai bagi sebagian besar wanita ketika sedang memasuki masa menstruasi. Kembung sangat menyebalkan, dan membuat rasa tidak nyaman.

Pada dasarnya kembung merupakan hal yang normal dan umum. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa meringankan kembung saat menstruasi seperti berikut:
 

1. Pilih makanan yang kaya akan potasium dan protein


“Makanan tinggi potasium seperti pisang, melon, tomat, dan asparagus dapat meningkatkan keseimbangan cairan tubuh yang baik,”ujar Isabel Smith, RD, seorang ahli diet dan fitness dari New York.

"Makanan yang berfungsi sebagai diuretik alami seperti seledri, timun, semangka, air lemon dan jahe dapat membuat perut kembung menjadi lebih ringan," menurut Sherry Ross, MD, dokter ahli kandungan di Providence Saint John’s Health Center.
 

2. Hindari makanan yang mengandung banyak gas


Salah satu makanan yang bisa menjadi pemicu kembung saat menstruasi adalah kacang polong, kubis, kembang kol, dan selada. Tubuh manusia kekurangan enzim yang dapat menghancurkan makanan-makanan tersebut sehingga dapat menyebabkan perut kembung.
 

3. Jangan lupa untuk tetap berolahraga


Para ahli menyebutkan bahwa, dengan melakukan aktivitas fisik dapat mengurangi gejala PMS, termasuk perut kembung. Seseorang yang jarang bergerak akan lebih rentan mengalami gangguan sistem pencernaan.

"Berkeringat juga dapat membantu mengurangi konstipasi," kata Dr. Ross.
 

4. Hindari konsumsi kafein dan alkohol


“Minum-minuman mengandung alkohol dapat meningkatkan gejala PMS seperti payudara kencang, perubahan mood, dan kembung,” kata Diana Bitner, MD, seorang dokter ahli kandungan dari Michigan, Amerika Serikat.

Selain itu, kopi dapat menyebabkan stimulasi yang berlebihan pada saluran pencernaan dan mengiritasi usus, dan juga membuat dehidrasi.
 

5. Hindari konsumsi minuman bersoda dan tinggi gula


Mengonsumsi minuman bersoda memang sangat menggiurkan dan bisa membuatmu merasa nyaman. Namun menurut Dr Smith, minuman bersoda dan tinggi gula justru bisa menyebabkan kembung bertambah parah.

"Sebagai gantinya, kamu lebih baik mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari. Tambahkan peppermint atau fennel tea untuk membantu menghilangkan inflamasi,” saran Dr Ross.
(FIR)

MOST SEARCH