FITNESS & HEALTH

Trauma Masa Kecil Bisa Sebabkan Gangguan Kepribadian Borderline

Mia Vale
Minggu 12 September 2021 / 17:00
Jakarta: Borderline Personality Disorder (BPD) merupakan gangguan kejiwaan yang ditandai dengan ketakutan yang sering akan pengabaian, kesulitan dalam mengatur emosi, perasaan hampa, tidak stabil, dan perilaku pengambilan berisiko tinggi. 

Dan menurut penulis penelitian, Benjamin Otto dari Ruhr-University Bochum, Jerman kepada Psychology Today, perempuan lebih sering terkena BPD, dibandingkan laki-laki. Rasionya berkisar empat banding satu.
 

Trauma masa kecil


Para peneliti mencatat "beban allostatic" peserta, atau keausan pada tubuh terjadi akibat paparan stres kronis. Ini dilakukan dengan mengukur indikator stres tubuh seperti tekanan darah, rasio pinggang-pinggul, dan indeks massa tubuh.  

Mereka menemukan bahwa peserta dengan gangguan kepribadian ambang mendapat skor signifikan lebih tinggi pada kuesioner trauma masa kanak-kanak daripada peserta non-BPD. 


trauma
(Trauma masa kanak-kanak menghasilkan "Sindrom Pace-of-Life," dimana individu tumbuh lebih cepat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Temuan ini menguatkan penelitian lain yang menemukan bahwa hingga 80 persen orang yang didiagnosis dengan BPD mengalami beberapa bentuk pengabaian emosional dan pelecehan fisik atau seksual ketika kanak-kanak. 

Para penulis berpendapat, trauma masa kanak-kanak menghasilkan "Sindrom Pace-of-Life," dimana individu tumbuh lebih cepat, menunjukkan metabolisme yang lebih tinggi, dan lebih rentan terhadap penurunan tubuh  dan kematian. 

Ini menghasilkan beban alostatik yang lebih tinggi saat masa dewasa. Mereka juga melaporkan perbedaan kepribadian yang kuat antara individu BPD dan non-BPD. 

Misal, orang-orang BPD menunjukkan tingkat neurotisme lebih tinggi, tingkat ekstraversi, tingkat kesadaran, dan tingkat keramahan lebih rendah. Pun individu BPD kurang terbuka terhadap pengalaman baru.


Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkedan. Salam hangat.
(TIN)

MOST SEARCH