FITNESS & HEALTH

Kebiasaan Bersih yang Wajib Diajarkan pada Anak

Sri Yanti Nainggolan
Sabtu 21 November 2020 / 16:05
Jakarta: Cara terbaik untuk menghindari infeksi penyakit adalah melakukan pola hidup sehat sejak kecil. Apalagi di tengah badai pandemi covid-19 yang belum mereda.

Oleh karena itu, mengajari gaya hidup sehat pada anak adalah hal wajib bagi orang tua.
 
Berikut adalah lima praktik kebersihan yang perlu diajarkan pada maka supaya tak mudah terjangkau infeksi. 
 

1. Rajin cuci tangan


Cuci tangan dapat menurunkan risiko terkena diare hingga 30 persen. Biasakan anak mencuci tangan setelah melakukan kegiatan atau setelah batuk dan bersin.
 

2. Jangan keluar rumah saat sakit
 

Jika anak menunjukkan gejala sakit, sebaiknya segera istirahatkan di rumah. Jangan biarkan anak sekolah atau bermain di luar rumah saat badan sedang tak fit. Dengan demikian, kuman tak menyebar dan istirahat cukup akan membuat anak cepat pulih. 
 

3. Biasakan bersin dengan benar
 

Beritahu anak untuk menggunakan tisu saat batuk atau bersin, atau menutupi bagian hidung dan mulut dengan tangan. Dengan demikian, penyebaran kuman pun makin minim. 
 
Selain itu, jangan biasakan menggunakan tisu yang sama untuk batuk atau bersin berulang karena dapat membuat infeksi makin lama. Hindari juga menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah bersih karena virus bisa menyebar dari tangan ke anggota tubuh lainnya. 
 

4. Bijak memilihkan mainan
 

Pilihlah mainan yang terbuat dari permukaan keras yang mudah dibersihkan. Mainan lunak bisa menjadi gudang mikroba dan bakteri.
 

5. Tidak membiasakan berbagi
 

Katakan pada anak bahwa menggunakan gelas atau peralatan lain secara bersamaan dapat menyebabkan infeksi karena memicu penyebaran kuman.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun. 
(YDH)

MOST SEARCH