FITNESS & HEALTH

Apakah Morning Sickness Hebat Pertanda akan Punya Bayi Perempuan?

Yatin Suleha
Kamis 07 Januari 2021 / 14:12
Jakarta: Morning sickness artinya adalah mual muntah saat hamil. Kondisi ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada pagi hari, tetapi bisa juga terjadi pada siang, sore, atau malam.

Perubahan hormon pada trimester pertama kehamilan diduga menjadi salah satu penyebab morning sickness. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadinya morning sickness. 

Human chorionic gonadoptrin (hCG) merupakan hormon yang terbentuk selama masa kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh plasenta. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron agar tetap stabil.
 
Apakah benar ibu hamil yang mengalami morning sickness hebat artinya akan memiliki bayi perempuan? Sayangnya, hingga saat ini belum ada jawaban pasti yang mendukung pertanyaan tersebut. 
 

Studi tentang hyperemesis gravidarium


Tetapi, sebuah riset menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengalami hyperemesis gravidarum (mual dan muntah berlebih) di trimester awal, lebih mungkin melahirkan bayi perempuan.

Fakta lainnya, hormon yang dihasilkan oleh janin perempuan memang membuat ibu hamil lebih merasa mual di awal kehamilan. 

Sebuah penelitian di Swedia mempelajari satu juta wanita yang mengalami hyperemesis gravidarium, hasilnya, 55 persen dari mereka melahirkan bayi perempuan. Studi ini dilakukan saat calon ibu dirawat di rumah sakit karena mual berlebih.

Tapi fakta tersebut tentu saja tidak selalu terjadi. Lihat saja Kate Middleton yang mengalami hyperemesis gravidarum pada kehamilannya, namun ia melahirkan seorang putra di kehamilan awalnya.

Kamu tidak mau menebak-nebak jenis kelamin si kecil? Kamu bisa memastikannya dengan pemeriksaan USG saat usia kehamilan mulai memasuki minggu ke-16. Kamu juga bisa melakukan amniocentesis (prosedur prenatal tingkat lanjut) untuk dapat yakin 100 persen pada jenis kelaminnya.
(TIN)

MOST SEARCH