FITNESS & HEALTH

5 Tanda Otak dan Tubuh Kamu Butuh 'Me Time'

Sandra Odilifia
Minggu 11 Oktober 2020 / 06:00
Jakarta: Me time atau menghabiskan waktu sendirian penting untuk dilakukan agar kamu tidak kelelahan baik secara emosional maupun fisik. Waktu sendiri juga membantu kamu untuk introspeksi terhadap segala hal yang telah terjadi.

Ketika kamu membutuhkan 'me time', tentunya tubuh dan otak adalah yang pertama merasakan hal itu. Mengutip dari Healthline, berikut tanda-tanda bahwa kamu sangat membutuhkan waktu untuk menyendiri.
 

1. Segala sesuatu tidak menyenangkan



Salah satu indikator bahwa kamu membutuhkan waktu untuk menyendiri adalah ketika segala sesuatu tidak terdengar menyenangkan. Tanda-tandanya, mungkin kamu mendapati diri mengeluh dalam hati tentang rasa bosan atau menunda-nunda pekerjaan yang biasanya sangat kamu harapkan.
 

2. Nafsu makan meningkat



Ketika membutuhkan waktu menyendiri, tubuh juga memberikan sinyal dari pola makan kamu. Nafsu makan bisa saja tiba-tiba meningkat dan ingin memakan apa saja yang ada di hadapan kamu.

 

3. Kewalahan oleh hal-hal kecil




Merasa terbebani oleh hal-hal kecil yang biasanya dianggap sepele dan mudah dikerjakan. Itu adalah tanda bahwa kamu sudah terlalu banyak bekerja dan perlu istirahat.
 

4. Membentak orang yang kamu sayangi



Ketika merasa lelah, emosi jadi tidak terkendali, bahkan bisa membuat kamu memarahi orang yang sebenarnya tidak bersalah seperti orang yang kamu sayangi. Saat emosi memuncak sebaiknya gunakan waktu menyendiri dan tenangkan emosi sejenak.
 

5. Ingin Bersembunyi



Merasa ingin bersembunyi juga merupakan sinyal yang diberikan tubuh ketika kamu butuh 'me time'. Tetapi daripada kamu menyelinap diam-diam, lebih baik bicarakan dengan pasangan atau keluarga bahwa kamu membutuhkan waktu untuk menyendiri dan tenang.
(TIN)

MOST SEARCH