FITNESS & HEALTH

Mengapa Antioksidan Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh?

Raka Lestari
Senin 11 Januari 2021 / 11:00
Jakarta: Antioksidan adalah zat yang ditemukan dalam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kopi, dan teh, bersama dengan suplemen.

Mereka penting untuk kesehatan tubuh karena antioksidan dapat mencegah atau menunda kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ketika seseorang memiliki terlalu banyak radikal bebas, hal itu dapat menyebabkan kerusakan sel terutama pada membran sel, jaringan lemak, DNA, dan protein dalam bentuk stres oksidatif, yang terkait dengan sejumlah penyakit berbahaya.

“Tidak ada jawaban pasti apakah mengonsumsi antioksidan, baik melalui makanan atau suplemen, mengurangi risiko kanker atau meningkatkan kesehatan jantung,” kata Tim Spector, MD, FRCP, FRSB, profesor epidemiologi genetik di King's College London.

Para ilmuwan tahu bahwa antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, suatu proses dimana sel darah putih melindungi tubuh dari penyerang luar seperti bakteri dan virus. Ketika sel-sel rusak karena radikal bebas yang berlebihan, respons peradangan dapat terjadi.

Tubuh kita secara alami menghasilkan beberapa antioksidan bermanfaat dalam bentuk glutathione dan asam lipoat alfa. Tapi kamu juga bisa mendapatkan antioksidan dari berbagai makanan. Buah, sayur, dan kopi semuanya kaya akan antioksidan.

Sebuah studi tahun 2010, yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, mengamati kandungan antioksidan lebih dari 3.100 makanan, minuman, rempah-rempah, herbal, dan suplemen, dan menemukan bahwa pola makan nabati paling baik untuk melindungi dari stres oksidatif.

Itu karena makanan nabati memiliki kandungan antioksidan 5 hingga 33 kali lebih banyak daripada produk daging.

Spector mengatakan penting untuk dicatat bahwa tidak ada makanan tunggal yang kaya antioksidan di luar sana, atau yang sering dikenal dengan superfood. 

Oleh karena itu, makan lima porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan per hari adalah cara terbaik untuk membantu memastikan kamu mendapatkan semua antioksidan yang kamu butuhkan.
(TIN)

MOST SEARCH