FITNESS & HEALTH

Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Ini untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Kumara Anggita
Selasa 27 Oktober 2020 / 19:42
Jakarta: Tak semua makanan ramah untuk kesehatan ginjal. Untuk itu, kamu perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi sesuatu.

Beberapa makanan yang tak bisa dimakan berlebihan antara lain:
 

1. Soda berwarna gelap


Selain kalori dan gula, minuman ini terutama soda berwarna gelap mengandung zat aditif yang mengandung fosfor. Ini tidak baik untuk kesehatan ginjal kamu.

Sumber menunjukkan, fosfor dalam bentuk zat aditif berbeda dengan fosfor alami karena tidak terikat pada protein. Sebaliknya, fosfor di sini ditemukan dalam bentuk garam dan sangat mudah diserap oleh saluran usus.
 

2. Alpukat


Alpukat sering dipuji karena banyak kualitas nutrisinya, termasuk lemak penyehat jantung, serat, dan antioksidan. Namun, penderita penyakit ginjal mungkin perlu menghindarinya.

Ini karena alpukat adalah sumber potasium yang sangat kaya. Satu cangkir (150 gram) alpukat menyediakan 727 mg potasium.

Oleh karena itu, alpukat harus dihindari saat diet ginjal, terutama jika kamu telah diberitahu untuk memperhatikan asupan kalium.
 

3. Makanan kaleng


Makanan kaleng, seperti sup, sayuran, dan kacang-kacangan, seringkali dibeli karena harganya yang murah dan mudah dimasak. Namun perlu diingat bahwa sebagian besar makanan kaleng mengandung natrium dalam jumlah tinggi. Sumber menunjukkan bahwa garam ditambahkan sebagai pengawet untuk meningkatkan umur simpannya.

Karena jumlah natrium yang ditemukan dalam makanan kaleng itu tinggi, seringkali penderita penyakit ginjal disarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsi mereka. Memilih varietas natrium rendah atau yang berlabel 'tanpa tambahan garam' biasanya akan membantu kamu.
 

3. Daging olahan


Sumber menunjukkan bahwa daging olahan telah lama dikaitkan dengan penyakit kronis dan umumnya dianggap tidak sehat karena kandungan pengawetnya.

Daging olahan biasanya mengandung banyak garam, kebanyakan untuk meningkatkan rasa dan mempertahankan rasa. Oleh karena itu, mungkin sulit untuk menjaga asupan natrium harian kamu kurang dari 2.000 mg jika kamu banyak makan daging olahan.

Selain itu, daging olahan mengandung protein tinggi. Jika kamu telah diberitahu untuk memantau asupan protein, penting juga untuk membatasi daging olahan karena alasan ini.
 

4. Makanan dalam kemasan, instan, dan siap saji


Makanan olahan bisa menjadi komponen utama natrium dalam makanan. Makanan kemasan, instan, dan makanan siap saji biasanya yang paling banyak diproses dan dengan demikian mengandung natrium paling banyak.

Menjaga asupan natrium hingga 2.000 mg per hari mungkin sulit jika kamu mengonsumsi makanan yang diproses secara teratur.
(FIR)

MOST SEARCH